Cara Menciptakan Kualitas Pengunjung

Jika blog sobat pernah mengalami penurunan jumlah pengunjung yang significant dan terus menurun pada bulan-bulan berikutnya, mungkin sobat perlu membaca artikel cara menciptakan kualitas pengunjung berikut ini. Disini saya akan sedikit mengulas bagaimana menciptakan dan membangun jaringan pengunjung yang berkualitas dan stabil dari waktu ke waktu.

Sarana Pendukung Untuk Menarik Pengunjung 

Selain artikel yang bermutu kita perlu memiliki beberapa sarana pendukung untuk menarik penngunjung dan membuat pengunjung tersebut betah, terkesan dan akan selalu berkunjung ke blog kita lagi dan lagi saat mencari informasi yang dibutuhkan. Beberapa sarana untuk menarik pengunjung tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Konten berkualitas. Konten berkualitas akan membuat pengunjung senang, puas dan terkesan sehingga akan meningkatkan citra blog kita dimata pengunjung tersebut. Dengan terciptanya citra positif ini kemungkinan besar pengunjung tersebut akan kembali lagi ke blog kita karena dia pernah mendapatkan apa yang dibutuhkannya diblog kita. Untuk mengetahui bagaimana membuat konten berkualitas sobat dapat membaca ulasan saya tentang “Cara Membangun Konten Blog Berkualitas”. 
  2. Form Berlangganan. Selain konten kita juga dapat memanfaatkan form berlangganan via email untuk menarik pengunjung ke blog kita. Dengan form ini kita dapat memberikan kesempatan kepada pengunjung baru untuk berlangganan artikel yang dibahas di blog kita dengan demikian saat mereka membaca email dan mendapatkan informasi penting yang dia butuhkan pastinya dia akan berkunjung dan membaca artikel yang dipublikasikan tersebut. Untuk memaksimalkan fungsi dorm langanan ini kita harus pandai-pandai mengarahkan pengunjung secara sukarela untuk berlangganan artikel dari blog kita. 
  3. Membership. Setelah selesai dengan form langganan kita juga dapat menambahkan dan menggunakan membership untuk menjaring pembaca atau pengunjung tetap bagi blog kita. Untuk membership ini, jelas kita harus menyediakan fasilitas-fasilitas ekslusif penting yang hanya dapat diakses oleh member blog. 
  4. Bilah pesan. Berikan keleluasaan bagi pengunjung blog untuk meninggalkan pesan kepada anda, hal ini akan membangun hubungan kedekatan yang saling menguntungkan. Bilah pesan ini dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bertanya seputar informasi yang ada di blog ataupun meminta informasi tambahan yang belum ada dan lain sebagainya. 
  5. Request Form. Request form dapat ditambahkan pada blog untuk mempermudah pengunjung dalam meminta suatu pembahasan tertentu yang diinginkan. Jika dapat memaksimalkan fungsi request ini blog akan mendapatkan pelanggan yang dengan suka rela akan berkunjung terus ke blog yang kita miliki. 
  6. Forum Tanya Jawab. Selain beberapa hal di atas, forum Tanya jawab juga dapat kita tambahkan pada blog agar dapat meningkatkan hubungan erat antara pengelola blog dan pengunjung setianya. Melalui forum ini kebersamaan dan kekeluargaan dapat dibangun, integritas dan kualitas pengurus juga dapat dibangun dari dialog-dialog yang ada. 
Beberapa sarana di atas merupakan hal yang dapat kita terapkan dalam rangka meningkatkan kualitas pengunjung pada blog kita. Dengan memberikan sarana tersebut, kita secara nyata akan membangun readership yang kuat dan kokoh.

Hal Yang Harus Dihindari Untuk Menciptakan Pengunjung Berkualitas 

Dalam upaya meningkatkan pengunjung blog dan menciptakan pengunjung yang berkualitas ada beberapa hal tabu yang tidak disarankan untuk dilakukan oleh seorang pengelola blog. Beberapa hal tersebut harus dihindari sejauh mungkin agar pengunjung blog yang kita miliki stabil sepanjang waktu. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog:
  1. Manarik pengunjung hanya dengan permainan keyword 
  2. Menarik pengunjung dengan over optimized seo on page 
  3. Mengecewakan pengunjung dengan konten yang hanya berisi dengan keword 
  4. Mempersulit pengunjung dengan iklan yang amburadul 
  5. Memaksa pengunjung untuk mengklik iklan yang ada dengan berbagai cara 
  6. Menipu pengunjung dengan link yang tidak sesuai dengan anchor text-nya 
  7. Menipu pengunjung dengan optimasi advance search pada blog 
  8. Mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak diinginkan tanpa pemberitahuan 
  9. Mengecewakan pengunjung dengan widget-widget yang menutupi seluruh halaman blog dan tidak dapat ditutup dengan satu kali klik. 
Dengan menghindari berbagai hal di atas, saya telah sukses membuat pengunjung blog nyaman dan betah sehingga blog baru yang saya kelola memiliki ribuan pengunjung perhari yang stabil dan bahkan terus bertambah. 

Pengunjung berkualitas adalah pengunjung yang banyak, stabil dan berpotensi sebagai konsumen karena itu kita harus memahami benar cara menciptakan kualitas pengunjung ini. Dengan informasi yang saya uraikan di atas semoga sobat blogger khususnya blogger baru memiliki gambaran mengenai bagaimana membangun pengunjung blog yang berkualitas. Sampai disini, semoga bermanfaat.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger