Panduan Blogger - Cara Mudah Membuat Blog

Panduan Blogger - Cara Mudah Membuat Blog. Banyak artikel tentang cara membuat blog, tapi sudahkan rekan blogger tahu "bagaimana cara mudah membuat blog?" Hapus pertanyaan itu karena sekarang kita akan mengetahui bagaimana cara yang mudah untuk membuat blog.

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut (wikipedia). Ada juga yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya, yaitu memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan dan penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring berjalannya waktu. 

Catatan Penting Sebelum Membuat Blog

Sebelum kita melangkah lebih jauh jika ingin benar-benar membuat sebuah blog sebaiknya kita mempertimbangkan beberapa aspek penting yang harus diperhatikan pada sebuah blog. Saya sengaja merangkum beberapa catatan penting agar nantinya blog yang kita buat merupakan blog yang berkualitas dengan konten unik, traffic tinggi dan bahkan dapat digunakan sebagai sumber penghasilan tambahan. Berikut beberapa catatan yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah blog:
  1. Kualitas Tampilan Blog
  2. Kualitas Konten Blog
  3. Kualitas Traffic
Dengan mempelajari dan memahami beberapa hal diatas sebelum membuat blog saya dapat memastikan bahwa blog yang akan kita buat merupakan blog yang layak untuk diperhitungkan.

Keuntungan Mempunyai Blog

Sebelum membuat blog ada baiknya sobat mengetahui apa keuntungan mempunyai blog agar kita memiliki motivasi untuk membangun blog kita. Secara garis besar keuntungan membuat blog adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai Identitas Diri; Karena blog dapat kita gunakan sebagai catatan kurikulum (CV) yang memuat data pribadi dan kecakapan pemilik
  2. Wadah Berekspresi; Yaitu tempat untuk menuangkan ide-ide dan gagasan penting tentang suatu hal dan atau wahana berbagi
  3. Sumber Pendapatan; Pada sisi lain blog juga mampu menghasilkan pendapatan dari berbagai segi baik itu dari isinya, pengunjung dan lainnya serta banyak lagi manfaat dan keuntungan dari mempunyai blog.

Cara Membuat Blog Dengan Mudah

Kita kita ingin mempunyai sebuah blog tidaklah sulit untuk membuatnya dan saya rasa dengan mengikuti panduannya langsung kita dapat memiliki sebuah blog hanya dengan beberapa menit saja. Agar cara membuat blog dengan mudah ini dapat lebih ringkas maka akan saya bagi kedalam dua pembahasan seperti berikut:

  1. Membuat Blog di Blogspot
  2. Membuat Blog di Wordprass
Selain dua jada blog diatas sebenarnya masih banyak jasa untuk blog gratis yang bisa kita manfaatkan untuk membuat blog tetapi disini saya hanya akan menguraikan cara membuat blog untuk dua blog gratis diatas. Untuk yang ingin membuat blog sekarang juga silahkan langsung mulai membuat blog dengan mengikuti panduan dari tautan diatas sesuai blog yang akan dipilih baik itu blogspot ataupun wordpress.


Hanya dengan membaca beberapa paragrap saja sobat kini sudah mempunyai blog pribadi dimana sobat dapat berbagi banyak hal dan bahkan mendapatkan keuntungan melalui blog tersebut. Tapi jangan senang dulu karena masih banyak yang harus dilakukan untuk blog baru sobat. Sebelum mulai blogging, sobat masih harus tahu tentang panduan dasar blogger seperti Bagaimana Merubah Template Blog, Cara Menyusun Tata Letak Blog, dan juga Cara Menambahkan Beberapa Elemen Dasar Pada Blog.

Sobat bisa melakukannya secara berurutan atau memilih sesuka hati apa yang akan dilakukan untuk blog baru tadi. Demikian pembahasan kita mengenai "Panduan Blogger - Cara Mudah Membuat Blog", selamat blogging...

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger