Strategi Commenting Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Strategi commenting untuk meningkatkan pengunjung blog. Banyak blogger senior menyarankan strategi commenting untuk meningkatkan pengunjung blog karena itu kali ini My Webs akan mengulas sedikit berkaitan dengan strategi commenting ini. Perlukah kita menerapkan strategi ini dan bagaimanakah caranya, temukan jawabannya melalui ulasan berikut.

Mengenal strategi commenting untuk meningkatkan pengunjung blog

Strategi commenting merupakan salah satu strategi yang banyak diterapkan oleh blogger untuk meningkatkan pengunjung ke blog yang dimiliki. Strategi ini adalah strategi dimana kita akan memberikan komentar di sebuah artikel dari blog lain, untuk menerapkan strategi ini sangatlah mudah yaitu kita tinggal menuju ke blog atau situs lain, membaca sebuah artikel yang kita suka dan memberikan umpan balik atau komentar pada artikel tersebut.

Cara strategi ini meningkatkan pengunjung adalah melalui link yang kita tinggalkan pada saat kita memberikan komentar di artikel tersebut, hal ini dapat melalui link profil ataupun link langsung yang mengarah ke blog kita. dengan menempatkan link kita pada komentar tadi itulah yang akan memberikan peluang blog kita akan dikunjungi.

Pertimbangan untuk menerapkan strategi commenting

Perlukah kita menerapkan strategi commenting ini? Menurut saya pribadi menerapkan strategi commenting ini perlu tidak perlu dalam artian bahwa pada satu sisi cara ini akan efektif untuk meningkatkan pengunjung pada blog kita tetapi pada sisi lain terkadang cara ini juga tidak akan berpengaruh banyak pada kemajuan blog kita.

Katakanlah begini, dengan memberikan komentar kita dapat menyisipkan link yang menuju ke blog kita tetapi coba kita analisa, siapa sajakah kira-kira yang akan membaca komentar kita dan mengklik link kita tersebut? Tentu saja, sasaran potensial yang akan membuka link kita hanyalah anggota forum atau mereka yang mempunyai kebiasaan berkomentar dalam blog. Apakah mungkin pengunjung yang hanya fokus pada informasi pada artikel yang ada mengikuti link kita dalam komentar tadi? Ya memang mungkin saja itu terjadi tetapi kemungkinannya menurut saya sangatlah kecil jika dibandingkan dengan kemungkinan dari para blogger commenter.

Menurut pengamatan My Webs strategi commenting ini akan sangat berguna dan bermanfaat untuk blog baru dan untuk mereka yang selalu aktif dan telah memiliki jaringan antara para blogger. Bayangkan saja jika kita mempunyai relasi atau kedekatan dari 1000 blog dan di seribu blog itu kita aktif berkomentar maka berarti kemungkinan pengunjung kita dapat mencapai lebih dari jumlah blog yang kita komentari tersebut.

Selain hal diatas My Webs akan memberikan pertanyaan sebagai acuan agar sobat blogger pemula yang ingin membangun blog berkualitas dapat menyimpulkan untuk menerapkan atau tidak langkah ini dan atau kapan waktu yang tepat untuk menerapkan langkah atau metode ini. Berikut beberapa pertanyaan tersebut.
  1. Seberapa banyak blog yang akan anda kunjungi dan komentari setiap hari atau setiap bulannya? 
  2. Blog seperti apakah yang akan anda kunjungi dan komentari? 
  3. Seberapa lama anda akan selalu berkunjung pada blog tersebut dan mengomentari artikel disana? 
  4. Seberapa sering dan lama komentar anda akan dibaca oleh pengunjung? 
  5. Bagaimana jika anda berhenti mengunjungi dan berkomentar, apakah yang akan terjadi? 
Dengan menjawab beberapa pertanyaan diatas My Webs telah mendapatkan gambaran apakah kita perlu menerapkan strategi commenting ini untuk meningkatkan pengunjung blog dan jika perlu kapankah waktu yang tepat dan bagaimanakah teknik-tekniknya. Jadi My Webs juga berharap dengan membaca dan menjawab beberapa pertanyaan diatas sobat blogger pemula juga akan mendapatkan pemahaman yang sama atau bahkan lebih baik sehingga tahu langkah tepatnya.

Manfaat Strategi commenting bagi traffic blog

Sebenarnya banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan melakukan strategi ini. Beberapa manfaat yang mungkin (mungkin karena saya tidak menerapkan hal ini secara berkesinambungan) dapat diambil antara lain sebagai berikut:
  1. Menambah kawan dan keakraban sesama blogger 
  2. Meningkatkan jumlah link yang mengarah ke blog kita 
  3. Meningkatkan kemungkinan pengunjung baru dari para member yang aktif melakukan komentar 
  4. Meningkatkan ranking blog 

Kekurangan strategi commenting untuk meningkatkan pengunjung blog

Berikut ini setidaknya beberapa kekurangan yang menurut saya ada pada strategi commenting yang kita lakukan.
  1. Membutuhkan waktu yang lebih banyak dan lebih rutin sehingga tidak cocok untuk blogger yang memiliki 
  2. Terbatasnya kemungkinan link dilihat pengunjung lain 
  3. Link hanya akan terbaca oleh pembaca komentar 
  4. Pengunjung yang dihasilkan tidak stabil, jika kita berhenti melakukan kunjungan dan berkomentar maka kemungkinan besar blogger lain juga tidak akan berkunjung lagi ke blog kita 
Note
Pada blog saya yang lain yang saya bangun dari sekitar tahun 2009 lalu, saat ini saya sudah memiliki 3000 – 6000 pengunjung per hari yang stabil tanpa terlalu menggebu-gebu menerapkan teknik-teknik SEO, teknik blog walking atau blog commenting. Simak curhatan saya mengenai hal ini di Cara Membangun Blog Berkualitas.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger