Susahnya Membuat Artikel Berkualitas

Susahnya Membuat Artikel Berkualitas. Membuat artikel berkualitas merupakan pekerjaan paling berat – menurut saya – yang harus dilakukan oleh seorang penulis blog. Saya sendiri dari pertama kali ngebog merasakan benar susahnya membuat artikel berkualitas

Bahkan sampai sekian tahun saya masih harus berjibaku untuk melahirkan ide-ide dan tulisan artikel yang berkualitas, berbobot dan bernilai jual tinggi. Untuk mewujudkan impain membangun blog berkualitas kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai beberapa hambatan dalam membuat artikel berkualitas.

Kenapa Susah Membuat Artikel Berkualitas?

Artikel berkualitas menurut saya pribadi adalah sebuah artikel yang dapat memenuhi beberapa aspek nilai strategis yaitu nilai manfaat (kegunaan), nilai estestis (keindahan), nilai kejelasan (kemudahan), nilai kekinian (kebaruan), dan juga nilai kelanggengan.

Nilai manfaat (kegunaan)

Nilai manfaat ini adalah unsur yang diemban oleh sebuah bacaan agar dapat memberikan nilai guna secara langsung kepada pembaca yang membutuhkan. Banyak sekali bacaan penting yang disajikan oleh pengelola blog namun hanya memenuhi unsur penting tetapi tidak memenuhi unsur manfaat. Sebagai contoh, sebuah bacaan memuat informasi penting tentang memelihara kesehatan mata tetapi tidak memberikan cara atau langkah yang jelas untuk memelihara kesehatan mata tersebut.

Nilai estestis (keindahan)

Unsur keindahan sebuah bacaan akan terlihat dari bagaimana bacaan tersebut disusun. Hal ini menurut saya sangat sulit karena kita harus benar-benar memahami karakter pembaca atau minat pembaca artikelnya. Nilai ini setidaknya dapat dipenuhi dengan pemilihan gaya bahasa yang mudah dimengerti, menghibur, santai atau gaya penulisan lain yang dapat mempermudah dan mempernyaman pembaca dalam memahami bacaan tersebut. Itulah unsur estetitisnya menurut saya.

Nilai kejelasan (kemudahan)

Banyak sekali kita jumpai sebuah artikel atau bacaan kehilangan arah saat berada ditengah pembahasan, hal ini tentunya akan mengakibatkan pembaca merasa lebih sulit menangkap maksud dari artikel tersebut. Biasanya hal ini terjadi karena sebelum menulis penulisnya tidak membuat kerangka karangan yang memadai sehingga kehilangan fokus pada pembahasan yang sedang dibawanya.

Nilai kekinian (kebaruan)

Menulis artikel atau bacaan yang telah banyak ditulis di media tentu lebih mudah disbanding menyusun bacaan yang benar-benar baru dan bermanfaat. Saya mengatakan bahwa artikel berkualitas setidaknya memuat nilai ini karena seperti kita ketahui bahwa pembaca mempunyai kecenderungan lebih terhadap sesuatu yang baru, atau hal lama yang dikemas dengan cara yang baru dan berbeda.

Nilai kelanggengan

Nilai terakhir ini merupakan nilai atau unsur yang paling sulit didapat karena setiap bacaan atau artikel itu menurut saya akan memiliki nilai waktu tenarnya tersendiri. Secara singkat saya mengatakan bahwa semakin lama tingkat populeritas suatu bacaan maka semaki berkualitaslah bacaan tersebut, yah hal itu setidaknya dari beberapa sisi saja, untuk keseluruhan kita masih harus melihat unsur-unsur lainnya.

Dari beberapa point diatas maka saya mengatakan untuk membuat artikel berkualitas memang tidaklah gampang atau sudah. Selain harus mempertimbangkan beberapa hal yang saya paparkan sebelumnya tersebut kita mungkin juga harus melakukan hal lain lagi untuk menciptakan konten berkualitas tersebut.

Beberapa hal yang mempengaruhi kesulitan membuat artikel

Selain karena tugas dan fungsi artikel berkualitas yang banyak dan harus optimal, beberapa hal dibawah ini juga akan menentukan tingkat kesulitan sebuah bacaan dibuat yaitu secara khusus berkaitan dengan si pembuat bacaan tersebut.
  1. Kurangnya pengetahuan tentang menulis
  2. Kurangnya pemahaman tentang sebuah tulisan yang baik
  3. Sempitnya wawasan si penulis
  4. Terbatasnya latihan dan pengalaman menulis

Beberapa hal diatas dapat mengubah kita kearah yang lebih positif sebagai penulis. Menulis atau membuat artikel berkualitas tidaklah sesulit dengan apa yang kita bayangkan sebelumnya. Dengan memahami benar fungsi dan tujuan suatu bacaan dibuat kita akan lebih mudah memilah-milah informasi yang akan kita sampaikan. 

Dengan memulai menulis kita telah menjalankan sebuah langkah maju bagi kepiawaian kita dalam menulis dan dengan selalu mengembangkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan kita di banyak bidang aktifitas membuat artikel berkualitas akan menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Jadi sekarang apa si susahnya menulis artikel berkualitas?

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger