Cara tukar link untuk blog berkualitas

Cara tukar link untuk blog berkualitas. Kali ini saya akan membahas mengenai seputar tukar link atau link exchange terutama untuk blog berkualitas. Pembahasan kali ini akan saya mulai dengan sebuah pertanyaan “perlukah cara tukar link untuk blog berkualitas?” Langsung saja mari kita simak beberapa informasi pentingnya berikut.

Tujuan cara tukar link untuk blog berkualitas

Sebelum lebih jauh membahas mengenai tukar link akan lebih baik kita memahami terlebih dahulu maksud dan tujuan dari tukar link ini. Tukar link merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk saling mereferensikan blog; kita memasang link yang mengarah ke blog lain dan blog lain tersebut memasang link yang mengarah ke blog kita. 

Hal penting pertama yang menjadi tujuan adalah meningkatkan peringkat blog di mata mesin pencari atau bahasa kerennya meningkatkan page rank blog.

Selain untuk meningkatkan page rank blog tukar link juga dapat memberikan manfaat kepada blog yaitu meningkatkan intensitas kunjungan blog. Jadi secara umum dipahami bahwa tukar link ini sangatlah penting dan memberikan manfaat yang sangat penting bagi suatu blog.

Perlukah cara tukar link untuk blog berkualitas

Melihat tujuan dan manfaat diatas saya berpendapat bahwa link exchange atau tukar link merupakan hal penting yang tidak dapat kita abaikan. Saya pribadi berpendapat bahwa melakukan tukar link ini sangat diperlukan untuk menunjang dan mempercepat performance blog yang sedang kita bangun. Namun demikian, tidak semua tips dan trik yang dibagikan oleh para blogger saya terapkan karena menurut saya setiap blog memiliki cara dan langkah khusus dalam membangun pertukaran link tersebut. Karena blog berkualitas bagi saya adalah hal yang sangat penting maka saya selalu mengkaji dan menyesuaikan langkah-langkah yang benar, sesuai dan tepat sasaran sebelum saya terapkan dalam aktivitas blogging saya. Jika kita sembarangan dalam menerapkan tukar link ini bukan page rank bagus yang akan kita dapatkan tetapi sebaliknya.

Strategi cara tukar link untuk blog berkualitas

Melalui beberapa tahapan dan penelitian saya beberapa tahun terakhir saya dapat mengatakan bahwa semua teknik dan cara tukar link tidak dapat serta merta kita terapkan. Ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan sebelum melakukan aktivitas tukar link ini. 

Dari beberapa kajian dan pengalaman tersebut saya mencoba berbagi dan merangkum beberapa strategi yang saya lakukan untuk dapat dipertimbangkan oleh sobat blogger semua khususnya bagi sobat pemula. Berikut ini beberapa langkah yang harus dipertimbangkan sebelum menerapkan tukar link.

Kualitas

Bukan banyaknya link yang menuju ke blog kita yang penting tetapi kualitas link yang mengarah ke blog kita. jadi sebelum melakukan tukar link alangkah baiknya kita memperhatikan kualitas ini. Kualitas ini berkaitan dengan blog atau situs yang mengarah ke blog kita; semakin berkualitas blog atau situs tersebut maka semakin berkualitaslah link exchange yang kita miliki dan sebaliknya.

Kuantitas

Banyaknya link masuk juga tidak serta merta bagus untuk blog kita karena kuantitas ini tidak langsung berpengaruh terhadap ranking blog kita. terlalu banyak link yang mengarah ke kita tetapi dari blog yang mempunyai page rank rendah justru dapat menurunkan popularitas blog yang berpage rank tinggi. 

Solusinya adalah lebih baik sediki link tetapi dari blog yang berkualitas dari pada banyak link dari blog yang tidak berkualitas dan yang lebih bagus adalah banyak link dari blog yang berkualitas.

Keterkaitan

Selain kedua hal tersebut, menurut pengamatan saya keterkaitan antara blog kita dengan blog yang memasang link ke blog kita juga sangat berpengaruh terhadap blog kita. Dalam hal ini akan lebih baik jika kita bertukar link dengan blog yang memiliki keterkaitan dengan blog kita dan menghindari memasang link atau bertukar link dengan blog yang berbeda jauh isinya dengan isi blog kita.

Singkat kata, dengan memasang link ke blog yang berkaitan kita telah member referensi tambahan kepada pembaca tentang topik yang sedang dibaca tersebut, tentu saja hal ini akan berpengaruh positif terhadap blog kita.

Anchor teks

Anchor teks adalah teks atau kalimat yang kita gunakan untuk memasang link. Dalam memasang link pada anchor teks ini sebaiknya kita membuat anchor teks seinformatif mungkin sehingga dapat memberikan informasi tentang isi dari link yang akan dikunjungi. Kebanyakan blogger pemula terjabak dan sering menempatkan link hanya pada satu kata yang kurang informatif.

Naturalitas

Naturalitas yang saya maksud disini adalah seberapa natural (alami) tukar link yang kita bangun. Semakin alami atau natural semakin bagus efeknya pada blog kita. Secara sederhana kita dapat menyatakan bahwa “mustahil sebuah blog baru mendapatkan link masuk dalam waktu yang singkat”. Salah-salah, jika kita terlalu membabi-buta dalam melakukan tukar link blog kita akan mendapat citra buruk dimata mesin pencari google.

Semoga dengan beberapa penjelasan diatas sobat blogger pemula yang ingin membangun sebuah blog berkualitas mendapatkan gambaran dan informasi bermanfaat yang dapat dipertimbangkan sebelum melakukan tukar link (link exchange). 

Informasi diatas hanya sebatas eksplorasi pengalaman My Webs saja dan bukan berarti tidak mempunyai kelemahan jadi harap pertimbangkan benar-benar sebelum menerapkan beberapa kajian diatas.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger