Peran Backlink dari Blog Bertema Relevan

Peran Backlink dari Blog Bertema Relevan - Banyak cara untuk meningkatkan ranking blog dan salah satunya dengan memiliki backlink blog bertema relevan; setidaknya itulah yang dikatakan banyak blogger namun seberapa jauh peran backlink dari blog bertema relevan tersebut? Mari kita perjelas lagi mengenai hal tersebut pada update kali ini.

Jika sobat sudah mulai belajar mengenai backlink tentu sobat sudah pernah membaca bahwa backlink dari blog bertema relevan sangat penting untuk membangun ranking dan kali ini kita akan mengupas bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

Seputar Relevansi Backlink Blog 

Apakah sobat akan percaya jika ada seorang dokter spesialis kandungan mengatakan kepada sobat bahwa cara yang benar untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan adalah dengan memandikannya secara teratur?

Bayangkan jika sobat adalah seseorang yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara yang baik untuk menjaga agar mata kita tetap sehat dan mendapatkan saran dari dua orang dokter sebagai berikut:
  1. Dokter A (yang merupakan dokter spesialis hewan) menyarankan untuk memperbanyak memandangi tumbuh-tumbuhan yang berwarna hijau agar mata tetap sehat.
  2. Dokter B (yang merupakan dokter spesialis mata) menyarankan kepada anda untuk mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan mata dan menjaga jarak pandang saat bekerja didepan komputer atau nonton tv untuk menjaga mata agar tetap sehat.
Saya membuat dua analogi tersebut untuk menggambarkan relevansi backlink blog karena pada kenyataannya search engine (mesin pencari) google didesain sedemikian rupa untuk dapat memberikan hasil seakurat mungkin dan dapat berperan semirip mungkin dengan kerja seorang manusia. Disini kita telah banyak mendapatkan fakta bahwa pengunjunglah prioritas utama dari segala kegiatan seluruh mesin pencari.

Dua analogi di atas menunjukkan kepada kita betapa pentingnya relevansi dalam memberikan sebuah saran atau rekomendasi mengenai suatu hal. Hal tersebut juga berlaku dalam dunia blogging dimana relevansi backlink (yang dapat dikatakan juga sebagai link rekomendasi) sangat berperan penting dalam menentukan kualitas suatu rekomendasi atau backlink.

Pentingnya Backlink Blog Bertema Relevan

Backlink yang diterima oleh sebuah blog juga harus berasal blog lain dengan topik pembahasan yang sama jika ingin backlink tersebut menjadi backlink yang berkualitas. Dengan relevansi topik yang sama akan membuat robot mesin pencari semakin mudah dalam mengelompokan blog penerima backlink sebagai blog rujukan terpercaya sehingga dapat meningkatkan posisinya pada SERP. Disinilah pentingnya peranan backlink yang berasal dari blog yang bertema relevan atau sesuai dengan blog kita.

Dengan membangun backlink blog dengan tema sama inilah kita akan membangun blog kita sebagai blog rujukan untuk tema yang dibahas dalam blog kita tersebut. Secara nyata ini akan mengarah kepada spesialisasi kemampuan atau isi dari sebuah blog, sebagai contoh simak penjelasan dibawah ini.

Ada dua blog yang menyajikan informasi mengenai panduan membuat blog yang berkualitas dengan rincian informasi blog sebagai berikut:

Blog 1
  1. Judul: Panduan Blog Berkualitas
  2. Alamat: panduan-blog-berkualitas.blogspot.com
  3. Deskripsi: blog tentang panduan membangun blog berkualitas; tutorial pemula, seo, traffict blog, content blog, desain blog, dst
  4. Judul artikel: Cara membuat blog berkualitas bagi pemula

Blog 2
  1. Judul: Juragan Jengkol
  2. Alamat: sekedar-berbagi.blogspot.com
  3. Deskripsi: kumpulan informasi penting menarik dan terbaru seputar internet, download, game, blog, tutorial, tips menarik, berita terkini, dst dst...
  4. Judul artikel: Langkah membuat blog berkualitas 
Pada kedua blog di atas kita telah menempatkan backlink untuk blog kita yang berjudul Panduan Blog Pemula, manakah yang akan lebih berperan dari dua backlink tersebut?

Apabila kedua blog tersebut ditangani dengan cara yang sama dengan tingkat optimasi yang sama maka yang akan memiliki peluang lebih besar tampil dalam SERP adalah blog pertama, hal ini disebabkan karena blog pertama memposisikan dirinya sebagai spesialis dalam masalah panduan membangun blog berkualitas. Asumsi yang diambil disini adalah orang yang berada dibalik blog 1 tersebut diasumsikan lebih ahli jika berbicara mengenai panduan blog berkualitas jika dibandingkan dengan orang yang berada dibalik blog 2. 

Oleh sebab itu mesin pencari tentunya akan lebih cenderung menempatkan blog 1 pada posisi yang lebih tinggi pada hasil pencarian karena search engine memang didesain semirip mungkin dengan manusia dalam menganalisa pencarian yang dilakukan.

Kembali pada pokok bahasan mengenai backlink blog dari asumsi terakhir tersebut jelas sekali dapat disimpulkan bahwa dengan menempatkan backlink dari blog dengan relevansi yang baik akan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pengunjung dan juga mendapatkan PageRank yang lebih tinggi.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger