Cara Mudah Membuat Posting Menarik Di Blog

Cara Mudah Membuat Posting Menarik Di Blog - Sekarang saya akan membahas tentang membuat posting menarik di blog. Setelah beberapa persiapan dasar yang saya lakukan tiba saatnya untuk menyiapkan posting yang menarik. Ada beberapa catatan yang akan saya bahas disini berkaitan dengan membuat posting menarik di blog. Jika sobat adalah blogger pemula seperti saya hal ini penting untuk kita pelajari.

Tips Membuat Posting Menarik di Blog, Posting yang berkualitas adalah posting yang merupakan karya sendiri yang memenuhi beberapa unsur penting dalam pembuatan artikel yang menarik. Beberapa catatan tentang posting menarik tersebut seperti berikut ini:

Topik
Hampir semua literature tentang posting yang sudah saya baca menyatakan bahwa pemilihan topik merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan sebagus apapun suatu tulisan akan kurang bermanfaat bagi sebuah blog jika pembacanya sedikit. Sebagai contoh kita memiliki sebuah tulisan yang bagus tetapi hanya sedikit yang membacanya karena isinya yang kurang begitu penting.

Melihat hal tersebut sebagai blogger kita tidak boleh lupa bahwa selain membuat tulisan yang berkualitas kita  juga tidak boleh mengesampingkan unsur kebutuhan publik, yaitu apa yang dibutuhkan pengunjung kita. Secara sederhana saya dapat mengatakan bahwa untuk mendapatkan topik sebuah tulisan yang bagus kita harus mempertimbangkan beberapa hal yaitu:
  1. Topik hendaknya memuat informasi yang banyak dibutuhkan oleh para pengguna internet
  2. Topik hendaknya memuat informasi yang sedang trend (booming)
  3. Topik hendaknya berisi informasi yang dapat diaplikasikan dalam waktu yang cukup lama
Mungkin masih ada pertimbangan lain yang harus dilakukan untuk menentukan topik sebuah tulisan namun intinya kita harus memilih topik untuk tulisan yang bermanfaat dan meningkatkan pengunjung blog kita.

Judul
Setelah menemukan bahan yang tepat untuk membuat posting di blog kita harus menyiapkan judul yang sesuai. Menentukan judul posting ini menurut saya gampang-gampang susah hal ini karena selain kita harus membuat judul yang merepresentasikan isi tulisan juga harus membuat judul yang dapat berkompetisi dalam penelusuran mesin pencari. Dalam menentukan judul tulisan ini kita akan dihadapkan beberapa pertanyaan seperti:
  • Apa judul yang tepat untuk mewakili seluruh isi dari tulisan kita
  • Apa judul yang tepat untuk dapat memberikan kesan pertama yang menarik bagi pembaca 
  • Apa judul yang tepat untuk dapat memberikan kesan pertama yang menarik bagi mesin pencari
Pembahasan mengenai teknik-teknik khusus dalam menentukan judul tulisan di blog akan saya bahas secara terpisah dalam posting "Cara Membuat Judul Posting Yang Menarik". Silahkan sobat lihat pembahasannya secara lebih rinci.

Penulisan
Untuk bagian tulisan saya hanya akan mengatakan bahwa biasakanlah menulis yang baik dan benar. Selalu gunakan tata bahasa baku dan struktur penulisan yang baik karena dengan demikian tulisan kita akan memiliki point plus dimata mesin pencari (setidaknya begitulah catatan dari beberapa blogger luar yang saya baca).

Beberapa hal diatas sengaja saya tulis untuk selain mendokumentasikan kegiatan blogging saya juga untuk share ilmu yang saya miliki bagi rekan semua tentang Membuat Posting Menarik Di Blog. Jika ada rekan yang lebih mengetahui tentang topik ini mohon dengan sangat untuk memberikan saran dan tanggapan.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger