Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Ampuh

“Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog” merupakan pertanyaan yang sangat penting dan sering sekali ditanyakan oleh semua pemilik blog baru. Ada banyak sekali tips dan trik mengenai cara meningkatkan pengunjung yang telah dibagikan oleh para master di internet. Meskipun demikian saya masih merasa perlu untuk memberikan sedikit gambaran dan berbagi pengalaman mengenai hal ini. 

Untuk membantu dan memberikan pemahaman dasar tentang meningkatkan pengunjung itulah kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman yang menurut saya layak untuk sobat blogger baca khususnya yang baru belajar dalam blogging.

Beberapa pertimbangan cara meningkatkan pengunjung blog

Seperti sebelumnya telah saya paparkan bahwa banyak sekali sumber yang berbagi mengenai tips dan trik untuk meningkatkan pengunjung blog, namun sebelum kita bicara lebih lanjut mengenai hal itu ada beberapa hal yang menurut saya penting untuk diketahui. 

Hal-hal dibawah ini merupakan hal dasar yang harus diingat ketika blogger mulai melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan pengunjung pada blognya. Hal penting tersebut adalah sebagai berikut

Tujuan akhir meningkatkan pengunjung blog

Saat anda melakukan suatu langkah untuk meningkatkan pengunjung ingatlah selalu akan tujuan akhir pengingkatan pengunjung ini. Disini anda harus menentukan tujuan apakah yang sebenarnya ingin anda raih dengan meningkatnya pengunjung blog anda. Jika anda telah berfikir untuk meningkatkan pengunjung blog hendaknya anda ingat:
1. Apakah manfaat yang akan saya dapat dari meningkatnya pengunjung blog saya?
2. Seberapa besarkah manfaat yang akan saya dapat dari meningkatnya pengunjung blog saya?
3. Berapa lamakah saya akan mendapatkan manfaat dari meningkatnya pengunjung blog saya?

Pertanyaan-pertanyaan diatas akan sangat berpengaruh terhadap apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog; cara mana yang akan anda pilih, bagaimana anda akan melakukannya dan bagaimana anda mempertahankannya.

Jika anda hanya berfikir tentang manfaat apa yang didapat akan sangat mungkin anda akan mengabaikan pertanyaan kedua dan ketiga yaitu seberapa besar dan lama manfaat yang akan diperoleh. Bila itu terjadi biasanya blogger cenderung melakukan cara-cara instan untuk meningkatkan pengunjung blognya dan mendapatkan hasil kunjungan yang sama sekali tidak stabil sepanjang waktu.

Beberapa blogger terjebak dalam tujuan akhir meningkatnya pengunjung blog yaitu katakanlah “uang atau penghasilan dari blog” sehingga mereka mengabaikan hal lain dan akhirnya kecewa karena terjadi hal yang sangat fatal. Secara singkat ketiga pertanyaan diatas harus dijawab secara beriringan sehingga menghasilkan suatu langkah tepat untuk meningkatkan pengunjung blog.

Stabilitas pengunjung blog

Selain tujuan akhir saya rasa sangat perlu untuk mempertimbangkan stabilitas pengunjung ketika kita melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan pengunjung blog. Saya berbicara demikian karena banyak kasus dimana sebuah blog mendapatkan pengunjung yang tidak stabil dan selalu berubah drastis dari bulan ke bulan. Hal ini mungkin, sekali lagi mungkin, disebabkan karena langkah-langkah yang kita ambil untuk meningkatkan pengunjung kurang tepat dan mengabaikan unsur stabilitas pengunjung itu sendiri.

Saya pribadi juga pernah mengalami hal ini dimana pada suatu bulan pengingjung blog meningkat secara tajam setelah saya menerapkan teknik SEO untuk meningkatkan pengunjung blog namun beberapa bulan kemudian pengunjung blog saya merosot drastis. Dan setelah saya analisa dan kaji secara mendalam ternyata apa yang saya lakukan mengabaikan unsur stabilitas pengunjung itu sendiri.

Meskipun pada intinya pengunjung yang banyak adalah tujuan kita tetapi tetap saja pengunjung yang banyak dan stabil setiap hari bulan dan tahunnya lah yang kita butuhkan bukan pengunjung banyak tetapi katakanlah musiman saja.

Kualitas pengunjung blog

Terkadang karena sangat inginnya mendapatkan banyak pengunjung untuk blog kita, kita sampai lupa mengenai kualitas pengunjung untuk blog kita. hal ini jelas penting karena dengan mengetahui tentang kualitas pengunjung blog kita akan dapat mengukur seberapa banyak uang atau manfaat yang akan kita dapat bagi kita.

Contoh sederhananya begini
Anda mempunyai dua blog berbeda yaitu blog yang berisi artikel tentang pendidikan dan blog yang berisi kiat atau tips memancing.
  • Blog pertama memiliki 1000 pengunjung yang rata-rata dari kalangan pelajar dan mahasiswa 
  • Blog kedua memiliki 1000 pengunjung yang rata-rata dari pecinta olahraga memancing. 
Kemudian anda akan menjual alat-alat memancing pada dua blog anda tadi, manakah blog yang akan memberikan penjualan yang lebih besar, blog pendidikan ataukah blog kiat atau tips memancing?

Itulah yang saya maksud dengan kualitas pengunjung blog, jadi dalam menentukan langkah untuk meningkatkan pengunjung kita harus tahu benar pengunjung yang seperti apa yang akan kita bidik dan langkah apa yang paling tepat untuk dilakukan.

Beberapa aspek diatas hanya sebagai perbandingan dan gambaran anda saat anda akan melakukan optimasi untuk meningkatkan pengunjung pada blog anda. Langkah dan bagaimana cara anda meningkatkan pengunjung akan sangat tergantung pada diri anda sendiri. Saya hanya berharap dengan membaca hal-hal diatas anda akan benar-benar menemukan langkah tepat dan langkah jitu bagaimana meningkatkan pengunjung blog.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger