Panduan Menentukan Topik Untuk Artikel Blog

Panduan Menentukan Topik Untuk Artikel Blog - Sebelum kita membuat sebuah artikel (konten) atau postingan pada blog hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan tema topik artikel yang akan kita buat tersebut. Proses ini menurut Panduan Blog Berkualitas merupakan proses yang sangat penting karena ini yang akan menentukan kualitas artikel dan juga kualitas blog kita. Lalu apa saja yang harus kita pertimbangkan atau kita lakukan dalam menentukan topik untuk artikel blog ini? Berikut ulasannya.

Pertimbangan Menentukan Topik Untuk Artikel Blog
Saya dalam blog ini akan mencoba merangkum beberapa hal yang setidaknya harus dipertimbangkan untuk menentukan tema atau topik suatu artikel. Beberapa pertimbangan tersebut yaitu sebagai berikut:

Kesegaran topik (tema)
Untuk dapat memaksimalkan kualitas konten artikel, sebaiknya kita harus mempertimbangkan kesegaran ide yang akan kita bahas, karena itu akan lebih baik menurut saya jika kita memilih tema segar yang baru. Menurut beberapa pengalaman dan catatan saya artikel segar yang baru akan terlihat lebih menarik di mata mesin pencari selain daripada itu trend pembaca pun selalu cenderung untuk mencari bahan bacaan yang baru dan segar.

Keunikan topik artikel
Tema-tema unik pada sebuah artikel juga memiliki tempatnya sendiri dikalangan pembaca karena selain menimbulkan rasa ingin tahu konten dengan tema unik juga akan memberikan nuansa hiburan dan informasi yang tentunya tidak membosankan. Oleh sebab itu saya pribadi selalu mengutamakan topik-topik unik untuk setiap artikel yang saya bahasa pada suatu blog. 

Jika anda ingin tahu bagaimana cara saya menyajikan tema-tema tersebut menjadi kontent yang menarik silahkan baca penjelasan saya mengenai "Membuat Posting Menarik di Blog".

Popularitas tema (topik)
Selain kedua hal diatas, tema-tema populer yang sedang "in" juga sangat diminati dan dicari oleh pengguna internet jadi tidak ada salahnya untuk menyajikan konten yang seperti ini untuk pembaca setia blog kita. Perlu diingat, meskipun menempatkan artikel seperti ini akan menguntungkan tetapi tetap saja kita harus menyesuaikan semua konten kita dengan apa yang ada di blog kita.

Pertimbangkan juga untuk membuat konten dengan tema yang mempunyai tingkat popularitas tinggi (lama). Informasi seperti ini biasanya merupakan informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet sepanjang waktu dan pengunjungnya dari tahun ke tahun selalu tinggi dan stabil. Untuk jenis tema konten yang satu ini kita harus melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai kecenderungan informasi yang sering dicari oleh pengguna internet.
Panduan Menentukan Topik Untuk Artikel Blog

Beberapa hal diatas hanya sebagian dari hal yang sebaiknya kita pertimbangkan saat kita akan menentukan sebuah topik untuk artikel blog kita. Dengan melakukan beberapa pertimbangan diatas kita akan tahu seberapa besar kemungkinan pembaca yang akan kita dapat dari konten atau artikel blog yang akan kita buat.

Meskipun demikian kita masih perlu untuk mengembangkan dan menerapkan beberapa cara menentukan topik artikel lainnya agar konten tersebut berkualitas, yaitu kita juga sebaiknya mempertimbangkan konten atau artikel kita dari segi penulisannya. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat artikel berkualitas silahkan baca uraian saja mengenai "Cara Membuat Kontent Blog Berkualitas".

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger