Menghapus Malware Blog Pada Browser

Cara Menghapus Peringatan Malware Blog Pada Browser - Kalau dua artikel saya terakhir memaparkan berita baik mengenai Rp. 850.000,- penghasilan kliksaya terbesar dan adfly menghasilkan $50 lebih sekarang saya akan bercerita mengenai pengalaman buruk mengenai peringatan malware blog saya yang terjadi pada browser. Selain bercerita tentunya saya akan berbagi bagaimana cara menghapus peringatan malware blog pada browser Mozilla dan Crome.

Bagi kita khususnya blogger pasti sudah tidak asing dengan istilah malware ini. Dalam aktivitas kita sebagai blogger adakalanya kita melakukan hal-hal yang tidak disengaja yang mengakibatkan blog kita terjangkit malware atau merujuk kepada situs penyebar malware yang tentunya tidak dikehendaki. Pada kesempatan ini akan saya ceritakan kronologi kejadian ini mulai dari awal sampai akhir penanganannya.

Script Berbahaya Yang Menyebabkan Malware

Penyebab terjadinya peringatan malware pada kasus saya ini adalah adanya script yang mengakibatkan perangkat lunak berbahaya terunduh dari komputer pengguna tanpa sepengetahuan pengguna itu sendiri. Script ini berperan sebagai perujuk yang menghubungkan blog kita ke situs lain yang notabene sudah dikenal sebagai penyebar perangkat lunak berbahaya. Script jahat tersebut dapat masuk ke blog kita biasanya melalui penggunaan atau penginstalan code script yang tanpa diteliti terlebih dahulu. Untuk para blogger yang sudah akrab dengan html java script tentunya sering memanfaatkan script dari pihak lain bahkan tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Atau mungkin bisa saja sengaja meninggalkan link credit sebagai ucapan terima kasih.

Pada kasus yang saya alami, ada dua kesalahan yang saya lakukan; pertama saya terlalu percaya dengan situs lain yang memberikan bantuan tanpa mencari tahu lebih lanjut mengenai kredibilitasnya di mata google. Karena itu saya tak ragu untuk meninggalkan link credit yang merujuk ke situs tersebut. Kedua saya terlalu sibuk dan sama sekali tidak menyempatkan diri untuk melihat perkembangan blog melalui google webmaster. Hal ini mengakibatkan saya ketinggalan informasi mengenai apa yang terjadi pada blog saya.

Dari dua kesalahan tersebut, secara serentak beberapa blog saya terjangkiti malware dan menampilkan peringatan google saat orang mengakses blog tersebut. Halaman peringatan google seperti terlihat pada gambar berikut pada dua browser yang saya gunakan.

Cara Menghapus Peringatan Malware Blog Pada Browser
Cara Menghapus Peringatan Malware Blog
Pada Browser Mozilla Firefox

Cara Menghapus Peringatan Malware Blog Pada Browser
Cara Menghapus Peringatan Malware Blog
Pada Browser Google Crome

Script yang menyebabkan malware tersebut merupakan script gadget untuk random post yang saya comot dan modif dari situs lain bukan blog yang sebenarnya sudah lama saya pasang. Tentu saja saya harus menghapus script tersebut secepatnya sebelum google menghapus secara permanen blog yang terjangkit. Yaah, begitulah asal muasal script yang menyebabkan beberapa situs saya down untuk beberapa hari.

Cara Menghapus Peringatan Malware Blog Pada Browser

Untuk dapat menghapus sumber masalah yang mengakibatkan peringatan malware kita harus melakukan beberapa langkah yaitu mencari sumber masalah malware, menghilangkan sumber malware dan memperbaiki kerusakan. 

Cara Menghapus Peringatan Malware Blog Pada Browser

Cari informasi detail mengenai malware yang terdeteksi melalui browser yang digunakan
untuk mengetahui sumber masalah malware

Mencari Sumber Malware
Setelah mendapati blog mendapatkan peringatan malware langkah pertama yang harus dilakukan tentunya mencari sumber malware yang mengakibatkan blog terinfeksi. Hal-hal yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:
  1. Lihat informasi lebih lanjut mengenai malware yang menyerang
  2. Mengingat aktivitas blogging terakhir yang dilakukan seperti mengedit template, menambahkan script atau membuat postingan hasil copas untuk menemukan sumber peringatan malware.
  3. Menghapus Script Malware

Setelah melakukan analisa dan menemukan sumber masalah malware dalam hal ini script malware yang tertanam pada blog maka kita harus sesegera mungkin menghapus script tersebut. Langkah-langkah menghapus script malware yang bisa dilakukan tergantung di bagian mana script dipasang.

Untuk script template tentunya kita harus melakukan edit template dan menghapusnya. Sedangkan untuk gadget kita dapat masuk ke pengaturan tata letak dan langsung mencari gadget yang mengandung script merugikan tadi.

Pada kasus yang saya alami, script yang menyebabkan peringatan malware berasal dari script gadget ramdom post. Jadi saya langsung masuk ke tata letak dan menghapus gadget tersebut. Setelah menghapus gadget tersebut saya juga masuk ke edit html untuk memastikan blog telah bersih dari ancaman malware.

Setalah selesai dengan sumber malware, sekarang yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan peringatan “Ada Situs Web yang Mengandung Perangkat Lunak Perusak!” yang ada di blog kita adalah masuk ke google webmaster dan meminta pihak blogger meninjau ulang blog kita yang sudah diperbaiki. Cara meminta peninjauan ulang pada webmaster adalah sebagai berikut:
  • Login ke blogger
  • Masuk ke Google webmaster
  • Pilih blog yang terinfeksi
  • Pilih masalah keamanan
  • Kemudian cari tombol permintaan pratinjau

Saat melakukan permintaan pratinjau blog yang terinfeksi dan mendapatkan peringatan perangkat lunak perusak kita akan diminta untuk menjelaskan sedikit apa yang telah kita lakukan untuk menghapus ancaman malware pada blog kita.

Setelah melakukan berbagai tahapan dan langkah tersebut di atas, beberapa blog saya berhasil pulih dan stand lagi di halaman google tanpa peringatan apa pun. Meski demikian saya tidak sepenuhnya berbahagia karena satu dari sekian blog yang terinfeksi tersebut sampai saat saya menulis artikel ini masih dicekal oleh google dan belum dipulihkan. Tapi saya tetap bersyukur jerih payah saya untuk mengembalikan beberapa blog lain tidak sepenuhnya gagal. Lain waktu saya akan ceritakan kembali mengenai blog yang sampai sekarang belum dipulihkan tersebut.

Itulah sekelumit pengalaman pahit saya dalam menghadapi peringatan malware blog pada browser, semoga saja dengan saya berbagi mengenai Cara Menghapus Peringatan Malware Blog Pada Browser ini sobat blogger pemula yang kebetulan mendapatkan masalah yang sama dapat sukses mengatasinya. Teakhir, saya menyarankan kepada seluruh blogger pemula untuk secara rutin dan berkala melakukan analisa blog yang dikelola melalui Google Webmaster. Sampai disini, semoga bermanfaat.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger