Cara Mudah Backup Data Postingan dan Template Blog

Panduan untuk blog berkualitas kali ini akan membahas mengenai bagaimana membackup data postingan dan juga template blog. Disini kita akan mempelajari cara mudah untuk melakukan hal tersebut karena seperti kita ketahui postingan dan juga template merupakan hal vital yang harus mendapatkan perhatikan serius oleh para blogger.

Seperti layaknya data dikomputer kita, data postingan (artikel) dan juga template blog merupakan barang berharga yang harus kita jaga dan selalu diamankan, untuk itulah secara rutin kita harus membuat salinan atau backupnya agar jika terjadi sesuatu dengan blog kita apa yang sudah ada tidak akan musnah atau hilang. Untuk kita yang serius dalam dunia blogging membackup blog merupakan salah satu pekerjaan rutin yang harus dilakukan baik itu sebulan sekali, satu tahun sekali dan lain sebagainya. Untuk blogger baru yang memiliki kesulitan dalam melakukan hal ini maka berikut ini akan kita bahas Cara Mudah Backup Data Postingan dan Template Blog.

Cara Backup Data Postingan dengan Mudah

Membuat salinan data untuk semua artikel yang telah diterbitkan di blog sebenarnya tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu melakukan beberapa tahap saja. Cara mudah untuk backup postingan blog tersebut yaitu sebagai berikut!

  1. Masuk kea kun blog sobat
  2. Pilih Rancangan – Setting – Other – Export
  3. Klik Download Blog untuk membackup data postingan blog yang sudah ada. 
  4. Proses download akan berjalan. 
Cara Mudah Backup Data Postingan dan Template Blog

Cara Mudah Backup Data Postingan dan Template Blog
Cara Mudah Backup Data Postingan Blog

File backup untuk postingan yang kita backup tersebut adalah dalam format xml, setelah download selesai segera simpan file tersebut ditempat aman dengan memberikan keterangan tanggal backupnya agar dikemudian hari jika diperlukan akan lebih mudah untuk mencarinya.

Sebagai tambahan, untuk mengupload/import blog atau memasukkan data hasil backup tersebut caranya juga hampir sama dengan cara di atas, yang berbeda hanyalah pada bagian akhir. Untuk upload data backup tadi kita dapat mengikuti langkahnya yaitu:

  • Masuk akun blogger
  • Klik Rancangan – Setting – Other – Import
  • Pilih file backup yang diinginkan, masukkan capta (kode keamanan)
  • Klik import blog, selesai

Dengan mengetahui cara backup posting dan cara import blog tersebut sekarang kita tidak perlu khawatir lagi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan blog kita. Jika kita konsisten dan rutin melakukan backup tentunya kita akan pernah mengalami rasa pahit kehilangan artikel berkualitas yang pernah kita buat.

Cara Backup Template Blog

Untuk backup template blog sebenarnya caranya juga hampir sama dengan cara yang sudah kita lakukan di atas. Kita hanya harus melakukan beberapa klik saja dan semuanya beres. Untuk membackup template blog kita kita tinggal pilih Rancangan – Template – Backup / Restore. Setelah itu kita pilih download full template untuk membackup template. Sebaliknya, untuk mengupload template blog kita tinggal klik pilih file kemudian klik Upload.

Cara Mudah Backup Data Postingan dan Template Blog

Cara Mudah Backup Data Postingan dan Template Blog
Cara Mudah Backup Template Blog dan Ganti Template

Mudah dan tidak ribet, saya yakin sobat blogger semua dapat melakukannya dengan baik. Jika kurang jelas dengan penjelasan yang ada silahkan perhatikan gambar yang sudah saya sertakan.

Sekarang selesai sudah pembahasan kali ini mengenai Cara Mudah Backup Data Postingan dan Template Blog yang khusus saya tulis untuk sobat blogger baru yang sedang mengembangkan kemampuan blogging. Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya hari ini. Sampai jumpa pada panduan blog berkualitas selanjutnya.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger