Kelemahan Menggunakan Blog Gratisan

Kelemahan Menggunakan Blog Gratisan. Hari yang mendung ini saya akan berceloteh mengenai pandangan dan pengalaman dalam menggunakan blog gratisan khususnya mengenai kelemahan menggunakan blog gratisan. Alasan saya membahas kelemahan menggunakan blog gratisan dan bukan kelebihannya adalah karena untuk menjadi blogger sukses hampir tidak mungkin jika kita menggunakan blog gratisan. So, untuk sobat blogger yang mau serius dalam dunia blogging harus menyimak penjelasan saya ini.

Seperti yang kita ketahui, untuk memiliki blog kita dapat menggunakan blog berbayar dan juga blog gratisan seperti blogspot dan juga wordpress. Saya tidak akan membahas blog yang berbayar tetapi akan mengkritisi dan mengkaji penggunakan blog gratisan untuk menghasilkan uang.

Meski sudah banyak yang dapat menghasilkan uang dari blog gratisan namun saya pribadi sama sekali tidak merekomendasikan sobat semua menggunakan blog gratisan untuk mendapatkan uang. Hal ini karena dengan blog gratisan kita tidak akan mendapatkan apa-apa selain rasa manis diluarnya saja. Jika sobat ingin mendapatkan penghasilan yang bagus maka sobat harus memulainya dengan mengelola blog berbayar. Apa yang saya katakana ini bukan tanpa alasan, ada banyak kelemahan dan kekurangan menggunakan blog gratisan ini. Untuk kajian sobat semua berikut saya menggarisbawahi beberapa hal penting berkaitan dengan hal tersebut.

Buruknya Branding (Citra) Blog Gratisan

Modal utama dalam mendatangkan kepercayaan dari pengunjung adalah branding atau citra atau nama baik blog. Lalu apakah nama baik tersebut dapat kita raih dengan menggunakan blog gratisan? Tentu saja tidak, dengan menggunakan blog gratisan kesan pertama yang didapat oleh pengunjung adalah bahwa kita tidak atau belum serius dalam dunia blog. Tanpa strategi menghasilkan uang berlimpah dengan blog gratisan akan sangat sulit bagi blog gratisan ini untuk meraih simpati dan mendapatkan banyak pelanggan setia dan pada akhirnya menjadi blog berkualitas.

Selain pengunjung, blog gratisan juga tidak akan terlalu mendapat tempat di mata mesin pencari seperti google. Hal tersebut dapat dibuktikan jika sobat ingin bergabung menjadi publisher google adsense yang pada dasarnya menuntut profesionalitas seluruh publishernya. Meski tidak semua blog gratisan mengalami hal ini namun pada umumnya blog gratisan memiliki kesuksesan yang biasa-biasa saja dengan penghasilan yang jauh dari kata besar.

Selain di mata pengunjung dan mesin pencari, blog gratisan juga kurang mendapatkan kepercayaan yang baik dari pihak ketiga yaitu situs atau blog lain yang berniat bekerjasama dengan blog tersebut misalnya dalam hal pemasangan iklan dan lainnya. Hal ini tentulah sangat merugikan bagi kita pengelola blog gratisan karena apa yang dibangun tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Beberapa alasan permasalahan diatas akan terurai jika kita menggunakan blog yang berbayar. Citra dan nama baik blog akan sedemikian rupa terangkat seiring dengan pengelolaan yang benar pada blog tersebut. Pengunjung tidak akan ragu untuk berlangganan blog kita, mesin pencari seperti google tidak akan memandang sebelah mata isi dari content blog yang ada serta orang lain juga tidak akan ragu dan bimbang jika berminat bekerjasama dalam hal periklanan, semua itu dapat diraih dengan meningkatkan blog kita menjadi blog berbayar yang lebih professional.

Minimnya Fitur Blog Gratisan

Alasan berikutnya kenapa saya sama sekali tidak merekomendasikan sobat untuk menggunakan blog gratisan adalah mengenai fitur blog. Saat kita menggunakan blog gratisan, kita hanya dapat memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan secara gratis. Fitur-fitur penting lainnya yang dapat mendukung kemajuan blog tidak akan dapat kita gunakan karena layanan gratis tersebut.

Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan untuk kita yang serius ingin berkecimpung dalam dunia blog.

Dengan fitur-fitur yang ala kadarnya tersebut, kemajuan blog tidak akan dapat meningkat secara signifikan untuk menjadikan blog tersebut menjadi salah satu yang diperhitungkan. Karena itulah alangkah baiknya jika kita beralih ke blog berbayar sehingga kita dapat menggunakan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk mengembangkan blog yang kita miliki.

Rendahnya Keamanan Data Blog Gratisan

Yang tak kalah merugikan dalam hal blog gratisan adalah rendahnya keamanan data untuk blog ini. Semua data yang dengan susah payah kita bangun dan kita rintis satu demi satu akan memiliki resiko yang sangat besar. Blog kita akan sangat tergantung dengan kebijakan penyedia blog gratisan tersebut. Jika suatu saat mereka memutuskan untuk menghapus blog gratisan kita tentu saya tidak ada lagi yang dapat kita lakukan selain menyesalinya.

Sistem keamanan pada blog gratisan tersebut baik itu dari segi content, nama domain dan lain sebagainya tentu akan sangat tergantung kepada kebijakan penyedia. Kita tidak akan memiliki fasilitas dan kemampuan untuk menerapkan sistem keamanan yang kuat untuk akun blog gratisan yang kita miliki. Dengan demikian, jika memang sobat blogger ingin serius berkecimpung dalam dunia blogging maka mulai dari sekarang pertimbangkanlah untuk merintis blog berbayar agar apa yang sobat usahakan tadi dapat berbuah maksimal dan menguntungkan.

Kelemahan Menggunakan Blog Gratisan
Ilustrasi Blogging
(Kelemahan Menggunakan Blog Gratisan)

Satu-satunya alasan yang masuk akal untuk menggunakan blog gratisan adalah hanya untuk sarana atau media belajar blogging semata. Karena itulah, saya masih menggunakan blog ini sementara saya tidak menyarankan sobat menggunakan blog gratisan.

Blog gratisan memang cocok untuk kita memulai belajar blogging agar kita memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan blogging yang memadai. Namun, jika sobat mengelola blog untuk mendapatkan penghasilan maka detik ini juga mulailah untuk menggunakan blog berbayar. Mulailah rencanakan untuk menggunakan domain, hosting dan juga template blog yang berbayar agar seiring berjalannya waktu blog sobat akan lebih matang lagi di mesin pencari dan juga pengunjung. Namun jika sobat melakukan blogging hanya untuk sekedar berbagi atau belajar saja maka tidak ada salahnya menggunakan blog gratis sebagai medianya.

Akhirnya, semoga artikel mengenai Kelemahan Menggunakan Blog Gratisan ini dapat menjadi inspirasi bagi sobat blogger semua dalam menyusun strategi blogging kedepannya. Lain waktu saya akan merekomendasikan beberapa fitur berbayar untuk blog mulai dari hosting murah terpercaya untuk pemula, domain berkualitas dan juga template blog professional yang dapat kita aplikasikan pada blog berbayar yang kita miliki. Sampai disini, salam sukses untuk kita semua.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger