Tips Mudah Membuat Posting Blog yang Menarik untuk Pemula

Salah satu hal yang lumayan menjadi beban bagi blogger pemula adalah bagaimana membuat sebuah postingan blog yang menarik dan dapat diterima di google serta terlepas dari kegiatan copy paste yang hanya akan menghancurkan blog yang sedang dibangun. Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai sedikit tips bagaimana membuat postingan blog menarik bagi sobat blogger pemula.

Artikel ini bukan dimaksudkan untuk menggurui atau mengajari sobat blogger semua tetapi hanya sebuah sharing tentang beberapa tips yang mungkin dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang membangun blog berkualitas. Jadi, silahkan baca terlebih dahulu dan jika setuju dengan saya dapat langsung diaplikasikan.

Hampir semua blogger tahu bahwa membangun sebuah blog itu berarti kita dituntut untuk menyajikan berbagai informasi penting yang banyak dibutuhkan. Hal ini tentunya menjadi permasalahan tersendiri bagi blogger-blogger baru terutama bagi kita yang kurang terbiasa menulis sebuah artikel. Karena kuatnya keinginan untuk membangun sebuah blog maka terkadang kita menggunakan jalan pintas untuk menutupinya yaitu dengan melakukan copy paste artikel orang lain lalu menempatkannya di blog kita. Padahal melakukan copy paste pada awal-awal melakukan blogging jelas-jelas hanya akan menghancurkan apa yang baru saja akan kita bangun. Untuk menghindari hal itu, saya akan berbagi sedikit tips bagaimana menghindari copy paste demi menciptakan posting blog yang menarik.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Posting Blog

Sebelum sampai pada tips yang akan kita gunakan kita akan menggaris bawahi beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam membuat postingan berkualitas. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut!
  1. Judul posting. Buatlah judul posting yang menarik dan menimbulkan keinginan untuk membacanya bagi orang yang melihat. Hindari judul yang menipu dan terlalu panjang.
  2. Paragraf pembuka. Gunakan paragraf pembuka untuk menghantarkan isi artikel yang akan dibahas. Satu atau dua paragraf pembuka yang menjelaskan isi postingan saya rasa cukup untuk melatih kita menulis.
  3. Paragraf isi. Buatlah isi posting yang padat, singkat dan jelas. Jangan terlalu bertele-tele dan membingungkan.
  4. Paragraf penutup. Buatlah paragraf penutup yang berisi sedikit kesimpulan dan juga ajakan untuk mengunjung blog kita lagi lain waktu. 
Sebenarnya masih banyak lagi hal lain yang harus kita perhatikan dalam kaitannya dengan tulisan kita di blog namun sebagai permulaan beberapa hal di atas dapat kita jadikan pertimbangan terlebih dahulu sambil kita mengasah kemampuan dan membiasakan diri menulis sebuah artikel.

Tips Mudah Membuat Posting Blog yang Menarik

Meski tidak semua blogger baru membutuhkan tips ini namun banyak juga sobat blogger baru yang mengalami kesulitan dalam menulis artikel untuk blog dan perlu membaca tips dari saya ini. Tips ini dapat kita gunakan sebagai langkah awal untuk membangun blog yang kita inginkan sambil menunggu kemampuan menulis kita meningkat. Bagi yang kesulitan dalam membuat posting blog terutama yang terbebas dari copy paste silahkan simak tips mudah membuat posting blog berikut!
  • Tentunkan tema posting yang sobat sukai dan mengerti
  • Bacalah beberapa sumber artikel lain yang dapat menguatkan pemahaman kita terhadap bahan yang akan kita tulis. 
  • Carilah beberapa kutipan yang akan mendukung tulisan kita (bisa dari blog lain dengan cara copy paste dan memberikan link artikel) yang akan kita letakkan pada bagian isi posting blog.
  • Buat dua paragraf pembuka yang isinya tentang apa yang akan kita tulis. Untuk contohnya dapat dilihat pada artikel yang sedang sobat baca saat ini
  • Tambahkan satu atau dua gambar untuk memperpanjang tulisan kita pada bagian tengah artikel. 
  • Buatlah minimal satu paragraf penutup.
Secara sederhana bentuk susunan dari posting kita akan terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut:
  • Judul posting yang menarik
  • Dua paragraf pembuka
  • Satu paragraf uraian singkat mengenai hal yang dibahas
  • Satu kutipan dari sumber lain (dikutip dengan benar)
  • Dua paragraf uraian singkat dari kita (dapat menjelaskan isi kutipan ditambah pendapat atau tulisan kita sendiri)
  • Satu kutipan lainnya
  • Satu atau dua paragraf penutup.
Pertama kali saat kita menerapkan tips di atas kita masih akan merasa berat dalam menghasilkan tulisan untuk blog karena minimal kita harus membuat tulisan sebanyak enam paragraf singkat. Meski demikian jika sobat mencobanya beberapa kali sobat akan mengalami peningkatan yang berarti dan akan merasa bahwa menulis itu tidaklah terlalu sulit.

Yang saya tekankan pada tips di atas bahwa untuk belajar menulis dan menghindari aktivitas copy paste yang merugikan kita dapat belajar mulai dari membuat satu paragraf singkat untuk pembuka, isi dan juga penutup. Selain dari paragraf yang kita buat sendiri tersebut agar tulisan kita lebih panjang kita dapat menambahkan sedikit gambar dan kutipan dari sumber lain dengan cara yang benar sehingga pada akhirnya akan tersusun sebuah artikel singkat yang bukan hasil dari copy paste dan layak ditempatkan di blog kita sebagai blog pemula.

Keuntungan yang kita dapat dari Tips Mudah Membuat Posting Blog yang Menarik untuk Pemula tersebut di atas adalah kita dapat menghindari aktivitas copy paste dan yang lebih bagus lagi adalah seiring berjalannya waktu kemampuan kita dalam menulis akan terasah dengan sendirinya. Hal tersebut sudah saya buktikan pada awal saya mengenal blog yaitu sekitar tahun 2008 yang lalu, jadi jika sobat blogger menemukan kesulitan yang sama silahkan coba tips di atas.

Saya rasa cukup itu saja celoteh yang tidak berarti ini. Dengan menulis artikel ini saya pribadi sebenarnya sangat berharap blogger-blogger lain khususnya blogger lokal dapat berkembang lebih maju lagi dikemudian hari. Semoga permasalahan dan kesulitan dalam membuat posting blog dapat segera teratasi. Salam blogger berkualitas

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger