Panduan Cara Posting di Blog Berkualitas

Blogger baru pada umumnya masih bingung saat hendak memulai melakukan posting pada blog yang dibuat, untuk itu kali ini saya akan memberikan panduan singkat cara posting di blog agar sobat dapat langsung memulai blogging.

Panduan Persiapan Article Posting 

Sebelum melakukan posting tentunya sobat blogger harus mempunyai ide atau informasi yang akan dibahas dan diberikan pada postingan blog. Berkaitan dengan itu ada beberapa saran yang sebaiknya sobat perhatikan berkaitan dengan isi posting atau artikel tersebut. Beberapa saran tersebut merupakan langkah persiapan sebelum membuat sebuah artikel untuk blog. Berikut beberapa persiapan penting tersebut:
  • Pilih materi yang baru. 
  • Pilih materi yang bermanfaat 
  • Pilih materi yang banyak dibutuhkan 
  • Pilih materi yang dan terfokus dan tidak terlalu luas pembahasannya. 
  • Buat draft lengkap mulai dari judul artikel posting sampai dengan isinya. 
Dengan melakukan panduan di atas, sobat blogger tidak akan terlalu sulit dalam menuangkan ide dan materi yang akan diberikan pada blog sobat. Artikel postingan yang dibuat dengan mengikuti panduan persiapan di atas juga akan memungkinkan sobat menciptakan sebuah bacaan berkualitas yang benar-benar bermanfaat bagi calon pembaca blog sobat nantinya karena itu saya sangat menyarankan sobat benar-benar memperhatikan beberapa catatan saya di atas. Untuk panduan bagaimana menciptakan postingan berkualitas silahkan baca artikel "Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas".

Cara Posting di Blog Berkualitas 

Setelah sobat memenuhi persiapan-persiapan di atas langkah selanjutnya adalah membuat sebuah posting blog yang akan diberikan di blog. Untuk cara posting di blog sobat, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Log in dan masuk ke beranda blog sobat
  2. Pilih Buat entry baru (new post), sobat akan dibawa ke halaman posting yang terlihat seperti gambar di bawah ini.
  3. Tulis judul yang diinginkan 
  4. Tulis materi yang akan disajikan 
  5. Edit setelan entry pada sisi kanan halaman posting 
  6. Klik Pratinjau untuk melihat pratayang posting blog (jika diperlukan) 
  7. Setelah selesai klik simpan untuk menyimpan artikel tersebut sebagai draft atau klik publish untuk langsung membagikan postingan yang telah dibuat. 

Untuk lebih jelas mengenai menu dan tampilan halaman posting pada blog, silahkan lihat dan pelajari beberapa screenshot halaman berikut ini yang sudah saya siapkan lengkap dengan fungsi masing-masing bagian halaman.

Cara Posting di Blog

Gambar 1. Tampilan Halaman Posting Blogger
Keterangan Gambar
  1. Untuk melihat blog sobat
  2. Tempat menulis judul artikel postingan
  3. Panel Editing (Untuk mengedit teks pada postingan; mode penulisan, jenis font, ukuran, perataan, bullet and numbering dan lain-lain)
  4. Tombol publikasi; terdiri dari tombol untuk mempublish (membagikan), menyimpan (save), melihat pratinjau dan tombol tutup (close)
  5. Bilah setelan entry (posting); sobat dapat mengatur label artikel, pengeposan terjadwal, edit link artikel dan lainnya.
  6. Bilah posting; untuk menuliskan isi posting atau artikel yang diinginkan.
Mudah bukan cara posting di blog yang berkualitas, jadi tunggu apa lagi segera isi blog baru sobat dengan artikel-artikel berkualitas dan lihat perkembangannya dalam beberapa bulan ke depan. Untuk cara mudah membuat postingan blog silahkan sobat baca "Cara Mudah Membuat Artikel Blog".

Saya rasa itu saja hal penting yang harus saya sampaikan melalui artikel kali ini, semoga dengan ini sobat yang baru mulai blogging dapat lebih mudah dalam melakukan blogging. Salam sukses selalu.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger