Persiapan Awal Membuat Niche Blog Yang Bagus

Sebelumnya kita mencoba mengoptimasi penghasilan dengan membuat blog gado-gado alias blog dengan variasi content yang sangat luas, pada kesempatan ini kita akan mulai sebuah persiapan awal untuk membuat niche blog yang bagus sebagai pendamping blog yang telah ada. Pertama kita akan belajar tentang definisi (pengertian) niche blog, macam atau jenis niche blog, serta model niche blog.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa niche sama dengan spesifik atau khusus dan jika dikatkan dengan blog berarti niche blog adalah blog dengan kekhususan tertentu atau blog yang secara spesifik membahas hal tertentu. Tentu saja dapat dikatakan bahwa semua blog memiliki pembahasan yang khusus meski kekhususan tersebut berbeda-beda satu dengan lainnya. 

Lalu kenapa harus memberi judul artikel ini dengan kata membuat niche blog yang bagus? Apakah tidak semua pembahasan itu bagus? Untuk menghindari kesalahan fatal dan dalam menjawab pertanyaan tersebut mari ikuti terlebih dahulu pengantar niche blog berikut.

Pengertian Niche Blog Yang Bagus

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, niche adalah sesuatu yang terfokus atau spesifik. Sedangkan niche Blog adalah blog yang membahas tentang sesuatu yang spesifik bukan bersifat umum. Suatu blog dengan pembahasan yang spesifik mempunyai target pengunjung tersendiri, dan umumnya lebih mudah mendapatkan visitor tertarget di bandingkan dengan blog yang umum. 
"Niche blogging is the act of creating a blog with the intent of using it to market to a particular niche market. While it could be argued that every blog is, in some form, a niche blog, the term as it applies to marketing refers to a particular kind of blog. Neither blogging nor niche marketing is a new concept. However, only in recent years has the concept of a niche blog come into being. 
Usually, niche blogs will contain advertisements of some sort (pay-per-click or products or both). In some cases, the purpose of the niche blog is to incite the reader into visiting another website which may then attempt to sell the reader a product or service. 
Niche blogs are sometimes referred to as splogs, but this is a misnomer. Even though the desired end result for the niche blogger is to make money, the niche blog itself often contains valuable information. Most pay-per-click advertising is content-sensitive, so it is vital to the niche blogger to have useful content that is related to the chosen niche. (Sumber: Wikipedia)
Dari sepenggal uraian dan kutipan dari blog wiki tersebut, dua kata yang dapat mewakili istilah di atas yaitu bahwa niche blog adalah blog spesifik; berisikan artikel dengan satu kategori baik itu kategori besar (lebar) ataupun kategori kecil (sempit). 

Persiapan Awal Membuat Niche Blog Yang Bagus
Persiapan Awal Membuat Niche Blog Yang Bagus

Dari kutipan tersebut kita juga dapat mengetahui bahwa membuat niche blog merupakan hal menjanjikan yang dapat dilakukan oleh blogger dalam usahanya mendapatkan penghasilan memuaskan. Karena itulah hari ini saya akan sedikit berbagi bagaimana seharusnya kita mempersiapkan diri seawall mungkin untuk membuat niche blog. 

Model-Model Niche Blog

Niche blog seperti apakah yang sebaiknya kita buat? Untuk mendasari pengetahuan kita mengenai hal tersebut sebaiknya kita juga mengenal berbagai model atau jenis niche blog yang dapat kita buat. Untuk memperoleh gambaran mengenai model-model tersebut berikut penjelasan model niche blog yang dikutip dari blogodolar. Berbagai model niche blog tersebut adalah sebagai berikut.

Whole-niche
Model whole-niche adalah blog yang membahas seluruh jangkuan topik. Misal, Anda memilih topik rumah. Cakupan rumah yang Anda bahas menyeluruh, mulai dari rumah bagian luar sampai rumah bagian dalam. Karena itu, blog Anda bisa memiliki ribuan artikel.

Broad-niche
Broad-niche adalah blog yang cakupan topiknya luas, namun tidak menyeluruh. Jika Anda memilih topik rumah, model blog ini membahas mengenai bagaimana meningkatkan fungsi rumah (home improvement), misalnya dekorasi kamar tidur. Dengan kata lain, rumah yang sudah ada dipercantik lagi.

Themed-niche
Themed-niche adalah blog yang pembahasan topiknya sudah mengarah ke satu bidang. Misal, topik Anda adalah rumah, maka pembahasan Anda hanya menyangkut dapur saja. Ini bisa berupa desain-desain dapur sampai bagaimana meningkatkan dan memperindah fungsi dapur. Artikelnya berkisar 50-100. Namun, ada juga yang jumlah artikelnya ratusan.

Micro-niche
Micro-niche adalah blog yang cakupan topiknya sangat sempit. Misalnya, bila Anda memilih topik rumah, cakupan model ini hanya membahas kabinet-kabinet dapur saja. Model niche blog ini umumnya berisi 5-50 artikel. Bahkan, ada juga yang mengisinya dengan satu artikel saja. 

Persiapan Membuat Niche Blog 

Sekarang kita akan masuk ke inti yaitu persiapan awal seperti apakah yang harus kita lakukan untuk membuat niche blog yang bagus. Karena hal ini sangat penting maka kita harus mempersiapkannya dengan baik dan secepat mungkin. Untuk kita blogger pemula, yang sangat penting untuk di perhatikan sebelum membuat niche blog adalah kita harus jeli dalam memilih niche, niche apa yang banyak di cari orang namun sedikit kompetitornya di search engine. 

Agar lebih mudah dalam memulai semua itu berikut langkah-langkah persiapan yang dapat kita lakukan untuk membuat niche blog:
  1. Menentukan niche yang akan diambil; tentukan niche yang luas sesuai minat dan kemampuan kita.
  2. Pecah niche tersebut menjadi beberapa niche yang lebih sempit; pilih salah satu yang paling dikuasai
  3. Pecah lagi niche sempet yang dipilih menjadi micro niche.
  4. Terakhir; dari semua niche-niche yang telah dibuat tersebut seleksi ulang dan pilih yang paling ideal untuk dikembangkan. 
Itulah tadi beberapa tahap yang dapat kita lakukan dalam mempersiapkan diri untuk membuat sebuah niche blog yang bagus. Sebagai catatan untuk mengetahui niche apa yang paling bagus untuk blog niche yang akan kita buat, kita dapat mengadakan riset menggunakan tool keyword riset. 

Blog niche memiliki keungulan tersendiri jika dibandingkan dengan blog atau situs lain yang isinya terlalu luas. Salah satu keuntungan blog niche adalah mudah dalam meraih posisi atas dalam hasil pencarian. Hal tersebut karena kata kunci yang dibidik pada blog niche umumnya long tail keywords sehingga relatif mudah mengalahkan blog-blog otoritas di hasil penelusuran mesin pencari. Selain itu, dari sisi anggaran dan waktu, niche blog (micro niche) cocok bagi kita yang baru terjun dan beranggaran terbatas.

Satu lagi, dari semua model niche blog yang disebutkan di atas menurut pengamatan saya adalah blog dengan niche sedang; tidak luas dan tidak sempit. Hal tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa micro niche sekarang ini sudah tidak cocok untuk kita terapkan sedangkan whole niche terlalu luas dan sulit untuk ditembus. 

Itulah tadi sedikit uraian saya mengenai Persiapan Awal Membuat Niche Blog Yang Bagus. Semoga saya apa yang saya sampaikan di atas dapat menjadi bahan pelajaran bagi sobat blogger yang berencana membuat niche blog. Yang perlu diingat, jenis apapun blog yang sobat buat ada baiknya sobat mengelolanya dengan baik dan berkesinambungan agar dapat sukses dan eksis selalu.
cara membuat blog gratis
video cara membuat blog
cara membuat blog youtube
cara membuat blog detik
cara membuat blog wordpress
cara membuat blog 2014
cara membuat blog di blog com
cara membuat favicon blog

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger