Susunan Ideal Letak Iklan di Blog Yang Banyak Klik

Satu persatu kita akan membahas secara rinci bagaimana cara memaksimalkan klik pada iklan blog yang kita miliki. Pertama kita akan menganalisa bagaimana susunan ideal letak iklan di blog yang dapat menghasilkan banyak klik dari pengunjung. Hal ini sangat penting karena letak iklan yang bagus akan mempengaruhi penghasilan blog yang kita dapat.

Penempatan iklan yang bagus tidak dapat disamakan antara blog yang satu dengan blog lainnya. Hal ini tergantung pada desain blog yang kita gunakan. Pada umumnya blogger dan webmaster menempatkan iklan-iklan pada beberapa tempat yang diakui dapat menghasilkan jumlah klik yang tinggi. Posisi iklan tersebut secara urut sebagai berikut:
  1. Header blog; pada posisi disamping header blog kita
  2. Sidebar atas; pada urutan pertama sidebar
  3. Dibawah judul artikel; tepat dibawah judul artikel blog
Dari ketiga posisi iklan di atas masing-masing iklan tidak akan sama hasilnya jika kita terapkan pada blog yang kita miliki. Sebagai contoh, iklan header yang sudah dikenal memberikan earning terbanyak tidaklah tentu memberikan hasil yang sama jika ditempatkan pada blog kita. Dari segi posisi, iklan pada header memang cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena iklan inilah yang pertama kali akan muncul saat blog atau situs di load oleh pengunjung. Tentunya hal inilah yang menyebabkan iklan tersebut mendapatkan impresi iklan yang baik. 

Iklan pada sidebar atas secara spesifik tidaklah lebih buruk dari posisi header, hal ini dikarenakan pengunjung juga akan menempatkan pandangannya pada sidebar atas saat pertama kali blog dimuat. Dengan kondisi ini tentunya iklan pada sidebar memiliki peluang yang hampir sama dengan posisi header. 

Meski saya menempatkannya pada urutan ketiga namun iklan dibawah judul blog menurut saya memiliki tingkat peluang yang besar jika dibandingkan dengan kedua tayangan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa pengunjung pada umumnya akan membaca judul dan paragraf pertama dari artikel yang sedang di cari jadi kemungkinan iklan dilihat juga tinggi. 

Ketiga posisi di atas merupakan posisi-posisi yang baik untuk kita gunakan sebagai tempat memasang iklan. Tiga posisi tersebut dari pengamatan yang saya lakukan memberikan jumlah klik yang paling tinggi jika dibandingkan dengan iklan dibawah posting serta iklan pada sidebar kedua dan seterusnya. 

Sesuai dengan kesimpulan saya mengenai jumlah iklan ideal yang bisa dipasang di blog maka ketiga posisi tersebut merupakan posisi ideal untuk penempatan iklan. Posisi-posisi tersebut dapat kita gunakan untuk menempatkan iklan-iklan yang ada sebagai langkah untuk memaksimalkan penghasilan blog yang kita miliki. 

Selanjutnya mari kita analisa sedikit mengenai jenis-jenis iklan yang sesuai dengan posisi tersebut secara lebih rinci. Seperti kita ketahui ada dua jenis iklan yang dapat dipasang yaitu iklan teks dan iklan gambar, masing-masing iklan tersebut akan menghasilkan klik yang berbeda ditempat yang berbeda sesuai pada posisi penempatannya. Untuk lebih jelas mengenai hasil pengamatan saya tentang jenis iklan dan posisinya silahkan lihat ringkasan berikut!
  • Posisi header; paling ideal untuk iklan banner (gambar) untuk sistem impresi
  • Posisi sidebar; ideal untuk iklan teks dan banner untuk sistem klik
  • Posisi bawah judul; ideal untuk iklan teks dan banner untuk sistem klik
Untuk ketiga posisi tersebut posisi bawah posting saya gunakan untuk iklan ppc jenis banner, posisi sidebar saya pilih untuk kombinasi iklan teks dan banner sedangkan header saya gunakan untuk iklan mandiri yang saya tawarkan kepada pengiklan. Hasil dari penempatan iklan tersebut sampai saat ini posisi dibawah judul posting menempati urutan pertama sedangkan uturan selanjutnya adalah pada posisi sidebar. 

Sekarang kita akan menjawab pertanyaan tentang bagaimana susunan ideal letak iklan di blog yang banyak klik. Secara umum baik itu susunan iklan (letak iklan) dan jenis iklan yang dipasang tidaklah benar-benar mempengaruhi hasil klik yang didapatkan. Sebagai gambaran, posisi dibawah judul blog menempati ranking pertama pada salah satu blog saya sedangkan pada blog lain posisi sidebar menghasilkan lebih banyak klik dari posisi bawah judul blog. Hal ini terjadi karena tidak semua iklan yang ditempatkan sesuai dengan informasi yang sedang dicari oleh pengunjung sehingga tidak menarik minat. Jika iklan yang tampil sesuai dengan minat pengunjung maka dimanapun posisi iklan ditempatkan sepanjang itu terlihat tetap akan menghasilkan klik. Sebagai kesimpulan, susunan letak iklan ideal yang banyak klik berdasarkan pengamatan saya adalah posisi sidebar dan posisi dibawah judul posting. 

Susunan Ideal Letak Iklan di Blog Yang Banyak Klik
Ilustrasi Penempatan Iklan di Yahoo.com

Hal-hal yang saya paparkan di atas merupakan informasi apa adanya yang saya dapat dari pengamatan yang saya lakukan dan tentunya jika sobat menerapkan hal tersebut hasilnya belum tentu sama dengan yang saya dapatkan. Semua yang kita dapat sangat tergantung dengan bagaimana kita mengelola blog kita dan bagaimana kita menangani setiap hal yang berkaitan dengan penempatan iklan tersebut. 

Sebagai saran, silahkan gunakan hasil pengamatan saya sebagai dasar untuk melakukan pengamatan lebih jauh tentang posisi iklan ideal yang cocok untuk blog sobat masing-masing. Saya rasa cukup itu saja apa yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger