Melakukan Perubahan pada Layout Blog

Melakukan Perubahan pada Layout Blog. Setelah selesai dengan settings blog dan template blog standard kita akan segera melakukan perubahan pada layout blog kita. Disini panduan blog berkualitas akan menerangkan sedikit mengenai "perubahan pada layout".

Langkah Merubah Layout Blog

Untuk merubah layout atau tata letak blog dari pengaturan standar yang ada silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini.

  1. Masuk ke blogger => dashboard
  2. Pilih menu layout pada blog kita
  3. Setelah kita berada pada halaman layout silahkan melakukan perubahan seperlunya sesuai keinginan pada layout (tata letak) blog anda. Untuk merubah posisi gadget atau widget jika drag and drop gadget dari posisi semula ke posisi yang kita inginkan, untuk menambahkan widget baru silahkan klik add widget.
  4. Simpan perubahan anda dengan memilih tombol Simpan perubahan.

Tata Letak Blog
Gambar 1. Tata Letak Blog


Keterangan Gambar Layout Blog


  1. Tombol untuk menyimpan hasil perubahan
  2. Tombol untuk pratinjau hasil perubahan sebelum disimpan
  3. Tombol untuk delete 
  4. Header Blog
  5. Widget Postingan
  6. Sidebar Widget
  7. Tombol untuk menambahkan widget
  8. Tombol untuk mengedit widget

Catatan!!!
Dalam mengatur tata letak blog yang perlu benar-benar kita perhatikan adalah accessibility atau kemudahan pengunjung dalam mencari informasi pada blog kita. Bedakan mana yang lebih penting dan mana yang kurang penting, mana yang harus diletakkan di atas dan mana yang harus diletakkan di bawah. Untuk tata letak ini semua tergantung bagaimana anda memadukan antara nilai estetis blog dan nilai accessibility nya.

Menambahkan Gadget (Widget) Baru Pada Blog

Selain melakukan perubahan tata letak kita juga dapat menambahkan beberapa komponen gadget pendukung yang dapat membantu para pengunjung agar lebih mudah menjelajahi blog kita. Untuk menambahkan gadget ikuti langkah dibawah ini.

  1. Cari dan pilih menu tambahkan gadget (add a gadget) pada layout blog.
  2. Pilih gadget yang anda butuhkan
  3. Pilih simpan dan selesai.

Setelah kita menambahkan gadget baru kita tinggal menyesuaikan tata letaknya dengan cara drag and drop. Sekarang anda semua telah mengetahui bagaimana untuk melakukan perubahan pada layout blog kita, seiring waktu layout ini biasanya akan mengalami perubahan terus menerus sampai anda benar-benar merasa semua gadget dan tata letak sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger