Panduan Langkah-Langkah Memulai Blogging

Panduan kali ini saya berikan khusus untuk sobat pemula yang belum mengetahui langkah-langkah dalam memulai aktivitas blogging. Disinilah sobat dapat mengetahui tata urutan setelah sobat memutuskan untuk membuat blog baru. Simak selengkapnya berikut.

Panduan Persiapan Menjadi Blogger 

Sebelum sobat memutuskan untuk membuat sebuah blog atau menjadi seorang blogger tentunya ada latar belakang atau alasan yang mendasari keputusan sobat tersebut. Kebanyakan dari blogger baru salah membuat pondasi awal ketika memutuskan akan menjadi seorang blogger yaitu hanya iseng dan ikut-ikutan saja padahal ada beberapa alasan kuat yang patut ditiru dan diperhitungkan sebagai pondasi membangun sebuah blog dan menjadi seorang blogger. Untuk alasan itu saya akan sedikit membeberkan beberapa hal guna memandu sobat menempatkan pondasi yang kokoh pada kegiatan ini.

Blogging adalah berbagi ilmu dan informasi 
Hal baik dan kuat yang dapat dijadikan acuan memulai kegiatan blog adalah bahwa dengan blog sobat akan mampu berbagi berbagai ilmu dan informasi bermanfaat yang sobat miliki. Dengan begini jelas sobat dapat ikut berperan dalam pengembangan ilmu dan informasi yang sobat bagikan tersebut. Akan sangat mungkin nantinya sobat dapat menjadi sumber rujukan informasi bermanfaat bagi orang banyak dan hal tersebut tentunya merupakan kebanggaan yang tidak mungkin dapat dibeli.

Blog adalah sarana belajar
Dengan menjadi seorang blogger dan mengelola sebuah blog saya yakin disadari atau tidak sobat akan banyak belajar berbagai hal baik itu tentang informasi dan ilmu yang berkaitan dengan blog sobat ataupun informasi dan ilmu lain yang sobat butuhkan. Hal ini dimungkinkan karena dengan menjadi blogger sobat akan membangun sebuah relasi yang penuh sesak dengan berbagai informasi dan ilmu bermanfaat yang dapat dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Dua hal diatas merupakan aspek penting yang saling terkait dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan, kepribadian dan kesuksesan kita. Layak kemudian kalau seorang blogger menjadi sosok yang matang dengan berbagai informasi dan relasi yang tidak terbatas dari satu daerah.

Kembali kepada persiapan menjadi blogger berikut saya menggarisbawahi beberapa catatan penting yang dapat sobat gunakan sebagai langkah awal persiapan menjadi seorang blogger. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

a. Memilih alasan yang tepat 
Ada berbagai alasan yang dapat dijadikan motivasi seseorang menjadi blogger dan membangun sebuah blog. Untuk menjamin alasan ini bertahan selamanya sobat harus tahu alasan yang paling tepat bagi seseorang untuk bergabung menjadi blogger. Baca ulasan terperinci saya mengenai hal ini di “Mengapa Kita Harus Membuat Blog”.

b. Mematangkan niat
Alasan tepat yang telah kita pilih dan mendasari tindakan kita harus pula didukung dengan kebulatan niat yang kuat. Niat inilah yang akan mendorong kita memulai (Take an action) apa yang telah kita putuskan. Meski memiliki beribu alasan kuat dan bagus jika hanya didukung dengan niat yang setengah-setengah tidak akan menjadikan hal yang telah diputuskan itu berjalan dengan baik dan menjadi berarti.

c. Menyempurnakan Tujuan Spesifik
Jika dua hal diatas telah dipegang teguh hal selanjutnya adalah merumuskan dan menyempurnakan tujuan spesifik dalam jangka waktu tertentu. Dengan merumuskan tujuan spesifik ini segala yang kita lakukan di ujungnya tidak akan menjadi hal yang sia-sia dan hanya membuang-buang waktu, tenaga dan pikiran semata.

Jadi, persiapan yang harus sobat lakukan sebelum memutuskan bergabung dengan blog adalah memilih alasan sesuai yang tepat, memantapkan niat dan merumuskannya dalam tujuan spesifik berjangka. Dengan demikian sobat dapat memulai aktivitas dengan benar-benar terarah dan jelas unsur manfaatnya baik bagi orang lain maupun bagi diri sendiri.

Langkah-Langkah Memulai Blogging 

Setelah saya menguraikan secara singkat beberapa panduan awal sebelum bergabung dengan blogger sekarang sobat akan saya pandu untuk memulai blogging langkah demi langkah. Langkah-langkah yang dapat sobat blogger lakukan untuk memulai aktivitas blogging sobat adalah sebagai berikut:
  1. Mulai Membuat Blog Baru 
  2. Mulai Melakukan Pengaturan Standard pada Blog 
  3. Merubah Template Blog 
  4. Merubah Tata Letak Blog 
  5. Menyempurnakan Setting Dasar Blog 
  6. Mulai Posting di Blog Berkualitas 
Itulah tadi langkah demi langkah untuk memulai blogging, semoga uraian singkat dari berbagai pengalaman saya ini dapat memberikan gambaran yang berguna bagi sobat blogger yang baru saja bergabung dalam dunia blogging.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger