Blog Bermutu dengan Targeted Audience

Blog Bermutu dengan Targeted Audience. Saat kita mulai mengoptimalkan sebuah blog untuk mendapatkan penghasilan dari iklan kita harus mulai memperhatikan berbagai aspek dalam blog kita tidak terkecuali dengan audience atau pengunjung blog. Hari ini saya akan sedikit curhat mengenai blog bermutu dengan targeted audience

Sobat bloger baru mungkin jarang berfikir mengenai siapa yang mengunjungi blog kita tetapi jika sobat sudah mulai beranjak ke tahap menguangkan blog (blog monetize) itu berarti sobat sudah harus mulai menggali lebih dalam mengenai pengunjung blog kita tersebut. Saya mengatakan demikian bukan tanpa alasan karena pengetahuan kita terhadap pengunjung blog merupakan asset penting yang akan mempengaruhi besar kecil penghasilan kita dari blog tersebut.

Seperti kita ketahui, untuk mendapatkan uang dari blog kita dapat bergabung dengan jasa periklanan terpercaya seperti misalnya bergabung dengan kliksaya.com atau jaringan periklanan lain. Berkaitan dengan pemasangan iklan dari pihak periklanan tersebut semakin banyak yang kita ketahui tentang pengunjung blog kita maka kita akan semakin mudah dalam menerapkan dan atau memilih berbagai macam iklan yang potensial untuk blog yang kita miliki. Dengan menyajikan iklan kepada pengunjung yang tepat maka semakin banyak peluang iklan akan di klik oleh pengunjung. 

Beberapa Informasi Penting tentang Pengunjung Blog

Informasi yang berkaitan dengan pengunjung blog kita kumpulkan atau kita pelajari yaitu dengan tujuan memberikan penggolongan / pengelompokan atau batasan-batasan tertentu pengunjung blog. Penggolongan atau pengelompokan ini nantinya akan kita jadikan acuan dalam penempatan iklan yang sesuai berdasarkan kategori atau penggolongan yang sudah kita dapatkan. Lalu pengelompokan seperti apa yang dimaksud?

Pengelompokan atau penggolongan yang dimaksud adalah informasi-informasi terkait mengenai pengunjung kita seperti mayoritas pengunjung blog dari daerah mana, apa yang mereka cari dan juga umur rata-rata pengunjung. Berbagai informasi penting yang dapat kita pelajari tentang pengunjung blog antara lain sebagai berikut:
  1. Perangkat akses internet 
  2. Browser yang digunakan
  3. OS yang digunakan
  4. Daerah asal pengunjung
  5. Umur
  6. Jenis kelamin
  7. Berbagai Minat, dst
Dari berbagai informasi tersebut semakin banyak yang kita ketahui maka semakin baik dan semakin mudah kita memilih dan menempatkan iklan bermutu yang sesuai dengan batasan-batasan informasi tersebut. Dengan demikian iklan yang tampil di blog akan lebih berpotensi dan menarik.

Tips Blog Bermutu dengan Targeted Audience

Inti dari sebuah iklan yang berpotensi adalah bahwa iklan tersebut tampil atau terlihat oleh pengunjung yang tepat. Sebagai contoh, iklan permainan akan lebih menarik jika dilihat oleh anak-anak, iklan tentang kuliner akan lebih tepat disajikan pada audien wanita dan seterusnya. Lalu bagaimana jika blog yang kita bangun memiliki pengunjung dengan bervariasi dari berbagai usia, jenis kelamin, daerah, bahasa yang digunakan dan lainnya? 

Ya, blog yang memiliki pengunjung yang terlalu luas memang memiliki kesulitan tersendiri dalam menentukan iklan yang tepat untuk ditampilkan, untuk itu berikut akan saya berikan beberapa tips blog bermutu dengan targeted audience, tips tersebut yaitu sebagai berikut.
  • Jika blog sobat adalah blog dengan pengunjung bervariasi (umum) maka carilah informasi mengenai pengunjung terbanyak di blog; apakah blog paling banyak dikujungi oleh laki-laki atau perempuan, paling banyak dikungjungi oleh orang umum atau mahasiswa dan seterusnya. Setelah itu coba tampilkan iklan bermutu yang sesuai dengan pengunjung terbanyak.
  • Berikan content yang sesuai dengan pengunjung blog yang dikehendaki, cobalah fokus terhadap pengunjung tersebut.
  • Jangan terlalu banyak menarget pengunjung blog dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda.
  • Fokuslah pada artikel blog yang banyak dibutuhkan oleh kebanyakan pengunjung yang datang
  • Tetap berikan content atau artikel blog yang unik, segar, berkualitas dan bebas dari unsur pelanggaran hak cipta (copy paste).
Dengan berkonsentrasi pada hal-hal tersebut di atas saya lebih mudah dalam menentukan berbagai program periklanan yang akan saya ikuti, selain itu saya juga lebih mudah dalam menentukan iklan seperti apa yang paling cocok dan mampu mendapatkan penghasilan terbesar di blog saya. Terakhir, dengan menerapkan berbagai informasi dan uji coba yang sudah saya paparkan di atas, sekarang ini saya sudah mampu mendapatkan penghasilan bulanan yang jumlahnya tidak sedikit.

Blog Bermutu dengan Targeted Audience
Blog Bermutu dengan Targeted Audience


Jika sobat blogger baru berminat ingin mengikuti jejak saya dalam memaksimalkan penghasilan dari blog silahkan coba cermati berbagai hal yang sudah saya uraikan baik itu dalam artikel kali ini maupun artikel lain di blog panduan-blog-berkualitas ini. 

Apa yang saya tuliskan disini adalah apa yang saya lakukan dan alami selama menjalani aktivitas blogging, saya tidak dapat memastikan jika sobat menerapkan apa yang saya uraikan pasti akan sukses seperti saya tetapi saya sangat menganjurkan agar sobat benar-benar mencermati apa yang saya uraikan untuk kemudian menentukan langkah dan strategi yang paling cocok bagi sobat semua.

Akhirnya, semoga sedikit curhatan saya mengenai Blog Bermutu dengan Targeted Audience ini dapat menjadi inspirasi sobat blogger semua dalam membangun blognya menjadi blog berkualitas yang mampu memberikan passive income yang memuaskan.

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger