Cara Mudah Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Tools

Cara Mudah Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Tools - Untuk apa anda membuat sebuah blog, jawabannya tentu untuk memberikan informasi. Lalu informasi seperti apakah yang akan anda berikan, tentu saja jawabannya adalah anda akan memberikan informasi yang banyak dibutuhkan oleh pengguna internet. Bagaimana jika kita membahas atau berbagi informasi yang tidak diperlukan pengguna internet, tentu saja hal tersebut adalah kesia-siaan semata. 

Itulah dasar yang akan kita jadikan acuan dalam mendirikan atau membangun sebuah situs, untuk alasan itu kita harus mengetahui informasi apa saja yang banyak dibutuhkan oleh pengguna internet. Dengan mengetahui hal tersebut kita bisa menyediakan informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan sehingga apa yang kita sajikan bisa berguna bagi orang banyak. 

Untuk melakukan hal itu kita perlu bantuan yaitu Google Adwords Keyword Tools - sebuah tool yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kecenderungan informasi apa saja yang banyak dibutuhkan oleh pengguna internet. Dalam bahasa webmaster hal ini disebut riset kata kunci atau bahasa kerennya keywords research. Hasil kegiatan analisa kata kunci inilah yang nantinya akan kita gunakan sebagai dasar menentukan tema dan juga berbagai artikel yang akan kita sajikan. 

Karena kita akan membahas mengenai Cara Mudah Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Tools maka akan kita bahas satu persatu agar lebih jelas. Yang pertama kita akan membahas apa itu "Google Adwords Keyword Tools" dan kemudian yang kedua mengenai bagaimana cara menggunakan tool tersebut.

Mengenal Google Adwords Keyword Tools

Tak kenal maka tak tendang, sebelum kita bisa menggunakan tool ini tentu kita harus tahu terlebih dahulu mengenai tool tersebut. Google Adwords Keyword Tools adalah salah satu layanan google untuk melakukan penelaahan atau penelitian tentang kata kunci tertentu yang sering dicari pengguna internet. Tool ini bisa disebut dengan perencanaan kata kunci yang akan dibahas dalam sebuah website.

Tools ini pada awalnya disediakan oleh pihak google kepada advertiser mereka dengan tujuan agar pihak advertiser atau pengiklan mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh orang untuk mencari sebuah informasi di mesin pencari google. Bagi para publisher adsense, internet marketer, ataupun blogger, tentunya tools ini adalah salah satu tools terbaik pencari kata kunci untuk membangun konten website bisnis mereka, dan dapat digunakan secara gratis.

Tentu saja, keberadaan Google adwords keyword tools ini sangatlah penting bagi para webmaster khususnya pada saat akan memulai membidik tema tertentu untuk sebuah website. Seperti kita ketahui sebelum anda membangun sebuah website bisnis anda ataupun blog pribadi anda tentunya anda ingin menentukan topik dan kata kunci website anda terlebih dahulu.

Cara Mudah Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Tools

Melakukan riset kata kunci atau keywords merupakan langkah awal yang wajib dilakukan oleh setiap webmaster karena hal ini dapat membantu keberhasilan sebuah website di mesin pencari seperti google, dan bahkan bisa dikatakan bahwa riset kata kunci adalah kunci keberhasilan sebuah situs karena akan sangat mempengaruhi trafik pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google.


Cara Mudah Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Tools

Meski untuk Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Tools itu bisa dibilang sangat mudah namun bagi kita yang baru tentu saja tetap membutuhkan panduan langkah-langkah melakukannya. Jika anda ingin mencoba mengoptimalkan hasil analisa kata kunci dari google ini anda bisa mencobanya dengan mengikuti langkah berikut.

Langkah pertama adalah membuka situs Google Adwords: Keywoord Tools. Akan muncul halaman seperti gambar di atas. Sebaik anda mendaftar terlebih dahulu atau login dengan menggunakan email google anda, tujuannya adalah agar  dan anda tidak perlu memasukkan kode verifikasi pada halaman riset dan juga keywords yang ditampilkan akan lebih banyak.


Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Adwords: Keywoord Tool, perhatikan gambar di atas:
  1. Pada kolom No. 1, anda masukan keywords / kata kunci yang menjadi topik utama website yang akan anda buat. Anda bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci yang berhubungan dengan niche anda.
  2. Pada  kolom No. 2, anda bisa mengambil ide kata kunci dari website lain yang se-niche dengan topik anda, tapi hal ini bukan sebuah keharusan karena anda mungkin ingin memilih kata kunci yang berbeda. Pada kolom kategori anda bisa memasukkan kategori yang sesuai dengan topik yang anda pilih, tapi anda bisa saja tidak mengisi kolom tersebut.
  3. Pada kolom No. 3, pastikan anda mencentang salah satu type pencarian yang anda inginkan. Saran saya, sebaiknya anda mencentang kotak “exact match” atau “persis” agar anda tahu jumlah pencarian di google yang persis mengetikan sebuah kata kunci.
  4. Pada Kolom No. 4,  langkah ini adalah salah satu yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan karena akan sangat mempengaruhi hasil pencarian kata kunci yang akan anda temukan. Pastikan anda memilih lokasi negara, dan bahasa yang anda target. Bila target market anda adalah Amerika, pastikan anda telah memilih “United States” atau “Amerika Serikat” pada opsi dan filter lanjutan.
  5. Kolom 5, setelah anda selesai memilih setingan pencarian kata kunci, silahkan anda klik “Search” atau “Telusuri”, anda akan diberikan data dari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang anda pilih.
  6. Pada kolom 6, anda akan melihat data setiap kata kunci yang anda masukkan, seperti: jumlah pencari kata kunci secara global, jumlah pencari kata kunci dari lokal, harga CPC (cost per click) untuk adsense, trend pencarian lokal, dan lain-lain.
Sampai pada langkah di atas, anda akan menemukan banyak sekali kata kunci yang berhubungan dengan niche anda. Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru dalam memilih keywords yang ditampilkan di google adwords keyword tools, saya sangat menyarankan agar anda melakukan riset kata kunci tersebut lebih lanjut karena akan berhubungan dengan tingkat persaingan kata kunci yang akan anda pilih.

Demikianlah sedikit mengenai bagaimana cara mudah untuk melakukan Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Tools. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan kita semua khususnya yang baru dalam dunia blogging.

Referensi:
www.maxmanroe.com

Lihat juga panduan...

Bagikan tulisan ini :
 
Support : Ommans | Free Download | Online Gaming
Copyright © 2011. Panduan Blog Berkualitas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger